APLIKASI SISTEM SARAF OTAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Wiranti Sri Utami
Universitas Cendekia Abditama
Indonesia
Hilwah Mauludiah
Universitas Cendekia Abditama
Indonesia
Nila Pratiwi
Universitas Cendekia Abditama
Indonesia
Muhammad Faisal
Universitas Raharja
Indonesia

Abstract

Pada era saat ini teknologi terus berkembang untuk meningkatkan kemajuan seperti dalam bidang pendidikan. Dalam dunia Pendidikan diperlukan teknologi yang memudahkan para pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada para peserta didik dalam membahas sistem saraf otak. Augmented Reality (AR) merupakan suatu teknologi yang dikembangkan untuk menggabungkan dunia nyata dengan dunia maya dalam bentuk 3D. Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif dikarenakan AR  dapat memberikan gambaran visualisasi dengan bentuk 3D dan dijadikan sebagai alat peraga untuk pembelajaran sistem saraf otak. Tujuan dari penelitian ini yaitu membangun aplikasi sistem saraf otak berbasis andorid menggunakan teknologi AR sebagai media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi adalah metode waterfall. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi Augmented Reality yang dapat menampilkan bagian otak pada manusia dengan bentuk 3D yang meliputi bagian otak, otak besar, batang otak dan otak kecil. Pada penelitian ini dilakukan pengujian aplikasi menggunakan metode blackbox untuk menguji keberhasilan dari tampilan aplikasi. Hasil uji coba aplikasi dilakukan dengan menggunakan dua perangkat smartphone yang berbeda. Hasil pengujian yang dilakukan menggunakan kedua perangkat tersebut baik secara performa dan kualitas 3D yang dihasilkan sangat baik. 

Keywords
Augmented Reality; Otak; Waterfall
References

N. R. A. I. P. Moh Amdani, "Pengembangan Media Belajar Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android Pada Konsep Panca Indera," Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, Vol. 6 No. 1, hal. 399-407, 2022.

W. A. M. A. H. Nabila Alfitriani, "Penggunaan Media Augmented Reality Dalam Pembelajaran Mengenal Bentuk Rupa Bumi," Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 38 No. 1, hal. 30-38, 2021.

A. R. B. S. R. Dita Amalia, "Potensial Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Biologi Abad 21: Literatur Artikel dan Desain Inovasi Media," Biologi Education Science & Technology, Vol. 5 No. 2, pp. 43-48, 2022.

S. E. Susanti, "Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains," Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora, Vol. 2 No. 1, pp. 53-60, 2021.

A. Prastowo, "Implikasi Kinerja Otak Terhadap Pembelajaran Psikomotorik di SD/MI," Jurnal Pendidikan Dasar Islam, Vol. 8 No. 2, pp. 195-212, 2016.

Muhammad Zaky Taufiq, Tommi Suryanto, Neny Firdyanti, Nurul Fadilah, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Pembelajaran Sistem Saraf Bagian Otak”, Elekctrotechnics And Information Technology, Vol. 3 No. 2, Oktober 2022

Irawan. Yuda, "Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Organ Tubuh Manusia Dengan Menerapkan Augmented Reality (Studi Kasus: SDN 005 Makmur Pangkalan Kerinci)," Jurnal Ilmu Komputer, Vol. 9 No. 2, hal 102-106, 2020.

Murdhani, I. D. A.S., Saraswati, I. D. A. I., Sholeh. Muhammad, “Media Pembelajaran Pengenalan Sistem Organ Manusia Melalui Augmented Reality Dengan Menggunakan Aplikasi Unity,” Jurnal SUTASOMA, Vol. 01 No. 01, hal 111-119, 2022.

Aripin. Ipin., Suryaningsih. Yeni, “Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Android pada Konsep Sistem Saraf,” Jurnal Sainsmat, Vol. VIII No.2, hal 47-57, 2019.

Miza Nina Adlini, Dinda. A. H., Yulianda. S., Chotimah, O., M. S.J, "Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka," Jurnal Pendidikan Edumaspul, Vol. 6 No. 1, pp. 974-980, 2022.

Duma, A., & Pusvita, E. A. “Pengembangan Sistem Informasi Data Siswa Berbasis Web Pada Smpn 09 Nabire Dengan Metode Waterfall,” Journal of Information System Management (JOISM), 5(1), 70-76, 2023.

Hendrastuty. N, “Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Santri Berbasis Android (Studi Kasus: Pesantren Nurul Ikhwan Maros),” Jurnal Data Mining Dan Sistem Informasi, Vol. 2 No. 2, 21-34, 2021.

Muhammad Syarif, W. N., "Pemodelan Diagram UML Sistem Pembayaran Tunai Pada Transaksi E-Commerce," Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), Vol. 4 No. 1, pp. 64-70, 2020.

Information
PDF
299 times PDF : 216 times