IMPLEMENTASI RENCANA PERJALANAN WISATA DI KOTA BOGOR MENGGUNAKAN ALGORITMA GREEDY BERBASIS WEBSITE
Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia
Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia
Abstract
Perencanaan perjalanan wisata merupakan hal penting, terutama pada daerah yang sering menjadi destinasi wisata, salah satunya adalah kota Bogor. Dengan adanya rencana rute perjalanan, maka wisatawan dapat dengan mudah melihat gambaran perjalanan yang diinginkan serta dapat mempersingkat waktu ketika sampai di tempat tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jarak tempuh terpendek dan jumlah optimal tempat wisata yang dapat dikunjungi di kota Bogor menggunakan algoritma Greddy dengan permasalahan Knapsack. Algoritma Greedy digunakan untuk menentukan rute perjalanan wisata di kota Bogor dengan jarak tempuh terpendek. Permasalahan Knapsack digunakan untuk menentukan jumlah optimal tempat wisata di kota Bogor yang dapat dikunjungi dengan waktu yang dimiliki oleh wisatawan. Algoritma Greedy dengan permasalahan Knapsack tersebut diimplementasikan ke dalam sebuah website. Terdapat 20 tempat wisata di kota Bogor pada website. Objek wisata pada website diklasifikasikan menjadi 3 kategori yaitu wisata alam, tempat rekreasi, dan museum. Pengguna website memasukkan titik awal keberangkatan, lamanya perjalanan, alokasi waktu, pemilihan tempat wisata yang akan dikunjungi dan lamanya waktu kunjungan. Hasil pengujian blackbox menunjukkan bahwa semua fungsi pada website dapat berjalan dengan baik.
Keywords
References
R. Sihite, Tourism industry (kepariwisataan). Surabaya: SIC, 2000.
Y. Kurniasari, Penerapan algoritma Greedy. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2006.
R. Munir, “Strategi algoritmik,” Sekolah Teknik Informatika dan Elektro, Institut Teknologi Bandung, Tech. Report, 2005.
D. Rachmawati dan A. Chandra, “Implementasi algoritma Greedy untuk menyelesaikan masalah knapsack problem,” Jurnal Ilmiah Sains dan Komputer (SAINTIKOM), vol. 12, no. 3, hal. 185 – 192, 2013.
B. A. Cahyono, Kota Bogor dalam angka Bogor city in figures. Bogor: BPS Kota Bogor, 2018.
M. Qomaruddin, M. T. Alawy, dan Sugiono, “Perancangan aplikasi penentu rute terpendek perjalanan wisata di kabupaten Jember menggunakan algoritma Dijkstra,” Science Electro, vol. 6, no. 2, hal. 31 – 39, 2017.
I. Varita, O. Setyawati, dan D. Rahadi, “Pencarian jalur tercepat rute perjalanan wisata dengan algoritma Tabu Search,” Jurnal EECCIS, vol. 7, no. 2, hal. 185 – 190, 2013.
B. Debby, J. T. Beng, dan Wasino, “Itinerary wisata Boyolali-Solo-Klaten,” Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, vol. 6, no. 1, hal. 22 – 27, 2018.
A. E. Ghozali, B. D. Setiawan, dan M. T. Furqon, “Aplikasi perencanaan wisata di Malang Raya dengan algoritma Greedy,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vo. 1, no. 12, hal. 1459 – 1467, 2017.