MODEL PENERIMAAN APLIKASI PESAN INSTAN BERDASARKAN PERSEPSI PENGGUNA
Jurusan Teknik Informatika, Universitas Gunadarma, Depok, Jawa Barat
Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis persepsi pengguna yang dapat mempengaruhi loyalitas konsumen ditengah keberadaan aplikasi pesan singkat yang banyak berkembang di tengah masyarakat. Persepsi pengguna yang diteliti adalah dari kemudahan penggunaan, fitur, kecepatan penyampaian dan emoticon. Variabel yang diteliti tersebut dianalisa standarisasi terkuat loyalitas pengguna untuk menggunakan layanan aplikasi pesan instan. Dalam penelitian ini untuk menguji hipotesis assosiatif/ hubungan digunakan uji regresi dengan aplikasi SPSS serta penggunaan SEM (Structural Equation Model) dengan software AMOS. Responden yang diperoleh berjumlah 84 orang pengguna berbagai aplikasi pesan instan lainnya.
Kata Kunci : SEM, pesan instan, persepsi pengguna, emoticon