PENERAPAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY PADA SIMULASI SISTEM E-TICKETING DI STASIUN KERETA API BOGOR
Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma
Indonesia
Abstract
Virtual Reality (VR) atau Realitas Maya adalah Suatu teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment) yang memungkinkan seseorang melakukan simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer dan mampu membangkitkan suasana tiga dimensi (3-D), sehingga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik. Tujuan dari Aplikasi Virtual Reality Stasiun Kereta Api Bogor adalah memberikan pemahaman kepada para pengguna jasa kereta api mengenai tata cara penggunaan kartu elektronik (e-ticketing). Tujuan tersebut dapat direalisasikan dengan memanfaatkan teknologi virtual reality untuk menvisualisasikan Stasiun Kereta Api Bogor secara mendetail baik dari segi ukuran, bentuk maupun hal-hal yang dapat dilakukan pada area stasiun seperti penggunaan kartu e-ticketing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode SDLC (System Development Life Cycle). Proses perancangan model 3D dari Stasiun Kereta Api Bogor menggunakan aplikasi Blender 2.67b dan proses implementasi model 3D Stasiun Kereta Api Bogor menjadi virtual reality menggunakan Unity 3d. Hasil akhir dari proses perancangan model 3D Stasiun Kereta api Bogor beserta implementasinya ke dalam virtual reality adalah Aplikasi Virtual Reality Stasiun Kereta Api Bogor dapat berjalan dengan baik, seluruh fasilitas dapat berfungsi sebagaimana mestinya.
Kata Kunci : Virtual Reality, Stasiun Kereta Api, E-Ticketing.