PENILAIAN ASPEK PERILAKU DAN HASIL KERJA MELALUI MOTIVASI KERJA DOSEN
http://www.gunadarma.ac.id
Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara
Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan penilaian aspek perilaku dan hasil kerja dengan prestasi kerja dosen, dan menjelaskan persamaan motivasi kerja sebagai variabel antara dalam hubungan antara aspek perilaku dan aspek hasil kerja dengan aspek pencapaian prestasi. Sampel penelitian berjumlah 312 orang dosen yang diambil dari 13 fakultas di Universitas Sumatera Utara. Pengujian realibilitas, validitas, tingkat kepercayaan dan konstruk variabel dilakukan dengan metode analisis faktor. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan menggunakan Statistik Model Persamaan Berstruktur (SEM). Teknik ini dipilih karena sesuai dengan penelitian yang dilakukan yaitu untuk menganalisis hubungan antara variabel indikator dan variabel laten secara simultan. Hasil pengujian model membuktikan terdapat hubungan yang signifikan antara aspek perilaku dan aspek hasil kerja dengan prestasi melalui motivasi kerja. Walaupun aspek perilaku lebih besar hubungannya dari aspek hasil kerja, tetapi kedua aspek tersebut harus dijalankan secara simultan di dalam menilai prestasi dosen. Pada aspek perilaku, variabel kebiasaan dapat dikatakan merupakan fungsi dari pengetahuan, keahlian dan sikap dosen, sedangkan aspek hasil kerja dosen lebih mengutamakan kepada kualitas kerja daripada kuantitas kerja. Hasil analisis data juga memperlihatkan bahwa motivasi kerja berperan sebagai variabel antara atau media proses yang menghubungkan antara aspek perilaku dengan aspek hasil kerja terhadap pencapaian prestasi kerja. Penelitian ini menghasilkan suatu kerangka model yang memperlihatkan faktor-faktor penilaian prestasi dosen terhadap pencapaian kualitas universitas.
Kata Kunci: Perilaku, Hasil, Motivasi, Prestasi, Dosen