KECERDASAN EMOSI DAN AGRESIVITAS PADA REMAJA AKHIR

Fauza Qurrotu Aini
http://www.gunadarma.ac.id
Universitas Gunadarma
Indonesia
S.R. Retno Pudjiati Azhar
http://www.gunadarma.ac.id
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
Jika seorang remaja akhir mempunyai kecerdasan pada dimensi emosionalnya, maka ia akanmampu mengendalikan reaksi atau perilakunya, termasuk dalam mengontrol agresivitasnya.Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kecerdasan emosi danagresivitas pada remaja akhir, hubungan antara kecerdasan emosi dengan agresivitas,pengaruh dari dimensi-dimensi kecerdasan emosi terhadap agresivitas, serta sebagai analisatambahan ingin memperoleh gambaran mengenai perbedaan kecerdasan emosi danagresivitas pada remaja akhir laki-laki dan perempuan. Penelitian ini melibatkan 92 orangremaja akhir pria dan wanita berusia 16-18 tahun. Hasil penelitian menunjukkan hubungannegatif antara kecerdasan emosi dengan agresivitas pada remaja akhir. Ditemukan juga adapengaruh dimensi-dimensi kecerdasan emosi terhadap agresivitas, namun hanya dimensiempati, kesadaran diri dan kontrol diri yang mempunyai pengaruh terbesar dalammengontrol agresivitas. Sementara itu, dimensi motivasi diri dan keterampilan sosialmempunyai pengaruh kecil terhadap agresivitas. Dari analisa lainnya diketahui pulaperbedaan kecerdasan emosi dan agresivitas pada remaja akhir laki-laki dengan perempuan .AbstractIf late adolescence has a good emotional intelligence, he/she will be able to control his/herreactions or behavior, including the aggression. The aim of this research is to gaindescription about emotional intelligence and aggresion in late adolescence, the correlation ofemotional intelligence and aggresion, the contribution of emotional intelligene dimensions toaggression, and the difference of emotional intelligence and aggresion in late adolescence.The participants of this research are 92 male and female late adolescents from 16-18 yearsold. The result shows negative correlations between emotional intelligence and aggresion inmale and female late adolescents. The other findings are only emphaty, self-awareness, andself-controll that have good impact on controlling the aggression. It reratas, the otherdimensions such as self-motivation and social skills only have small impact in controllingaggression. Furthermore, there is differentiation between male and female late adolescents inemotional intelligence and aggresion.

Information
Abstract views: 3093 times
Download PDF: 939 times