DAMPAK WABAH COVID-19 TERHADAP KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI INDONESIA
Bimbingan dan Konseling Islam UIN Sunan Kalijaga
Indonesia
Bimbingan dan Konseling Islam UIN Sunan Kalijaga
Indonesia
Abstract
Kajian tentang Dampak COVID-19 terhadap kegiatan belajar mengajar telah banyak dilakukan. sayangnya belum ada kesimpulan dari semua riset-riset primer tersebut sehingga perlu dilakukan studi literatur agar mendapatkan informasi yang komprehensif. Studi ini dilakukan melalui studi beberapa pustaka dari jurnal, dokumen dari beberapa media cetak dan elektronik, serta buku-buku yang berkaitan dengan pengajaran dan sosial kemasyarakatan, sosiologi dan antropologi mengenai dampak COVID-19 terhadap kegiatan belajar mengajar. Kesimpulan dari studi literatur ini menunjukkan bahwa Kegiatan belajar mengajar di beberapa sekolah di Indonesia, sebagian besar dapat berjalan dengan baik. Meskipun demikian, masih terdapat kekurangan karena adanya kendala-kendala yaitu ada keterbatasan kemampuan adaptasi dan penguasaan teknologi informasi oleh guru dan siswa, sarana dan prasarana yang kurang memadai, akses internet terbatas, kurangnya kemauan untuk menganggarkan. Solusi yang dapat dilakukan bisa berupa solusi langsung dan tak langsung. Solusi langsung diberikan oleh pihak sekolah, sedangkan solusi tak langsung adalah berupa kebijakan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Republik Indonesia.
Keywords
References
Argaheni, N. B. (2020). Sistematik review: Dampak perkuliahan daring saat pandemi COVID-19 terhadap siswa Indonesia. Placentum: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 8(2), 99-109. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008
Arifa, F. N. (2020). Tantangan pelaksanaan kebijakan belajar dari rumah dalam masa darurat COVID-19. Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 12(7), 1-17.
Altuntas, F., & Gok, M. S. (2021). The effect of COVID-19 pandemic on domestic tourism: A dematel method analysis on quarantine decisions. International Journal of Hospitality Management, 92, 102719. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2020.102719
Arta, A. Y., Hendrayana, A., & Ihsanudin. (2020). Pengembangan pembelajaran daring matematika berbasis pendekatan kontekstual siswa SMP. Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 1(4), 353-366.
Baber, H. (2020). Determinants of students' perceived learning outcome and satisfaction in online learning during the pandemic of Covid 19. Journal of Education and e-Learning Research, 7(3), 285-292.
Baharin, R., Halal, R., Aji, S., Yussof, I., & Saukani, N. M. (2020). Impact of human resource investment on labor productivity in Indonesia. Iranian Journal of Management Studies, 13(1), 139-164. https://doi.org/10.22059/ijms.2019.280284. 673616
Fauzi, I., & Khusuma, I. H. S. (2020).
Teachers’ elementary school in online learning of COVID-19 pandemic conditions. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 58-70. https://doi.org/10.25217/ji.v5i1.914
Fields, A., & Hartnett, M. (2020). Online teaching and learning: COVID-19 Special Issue. Journal of Open, Flexible and Distance Learning, 4, 19-20.
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Huang, R., Yang, J., Tlili, A., & Chang, T. W. (2020). Handbook on facilitating flexible learning during educational disruption: The Chinese experience in maintaining undisrupted learning in COVID-19 outbreak. Beijing: Smart Learning Institute of Beijing Normal University.
Iyer, P., Aziz, K., & Ojcius, D. M. (2020). Impact of COVID-19 on dental education in the United States. The Voice of Dental Education, 1-5. doi: 10.1002/jdd.12163
Jamaluddin, D. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik COVID-19 pada calon guru: Hambatan, solusi dan proyeksi. Makalah (tidak diterbitkan). Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Kharisma, N. N. (2020). Gambaran kebutuhan pembelajaran daring PKBM Budi Utama Surabaya. Jurnal Pendidikan Non Formal, 15(1), 38-44.
Murtadlo, M. (2020). Pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 di lingkungan pesantren. https://doi.org/10.5281/zenodo.4321179
Nasruddin, R., & Haq, I. (2020). Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan masyarakat berpenghasilan rendah. Salam: Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 7, 639-648. doi: 10.15408/sjsbs.v7i7.15569
Nurzakiyah, N., Nurpahmi, S., & Damayanti, E. (2020). Hambatan guru fisika dalam menerapkan pembelajaran saintifik berbasis kurikulum 2013 di SMA. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 7(1), 1-8.
Prasasti, G. D. (2020). UNESCO: Penutupan sekolah akibat COVID-19 berdampak pada 290 juta pelajar di dunia. Diunggah dari https://www.liputan6.com/health/ read/4195275/unesco-penutupan-sekolah-akibat-covid-19-berdampak-pada-290-juta-pelajar-di-dunia pada 20 November 2020
Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi COVID-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49–59. https://doi.org/10.30870/ gpi.v1i2.9405
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C., Wijayanti, L., Putri, R., & Santoso, P. B. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.
Rasmitadilla, R., Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The perceptions of primary school teachers of online learning during the COVID-19 pandemic period: A case study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90-109.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah COVID-19. Biodik, 6(2), 214-224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran teknologi dalam pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188-198. https://doi.org/10. 46781/al-mutharahah.v17i2.138
Setyowahyudi, R., & Ferdiyanti, T. (2020). Keterampilan guru PAUD Kabupaten Ponorogo dalam memberikan penguatan selama masa pandemi COVID-19. Jurnal Golden Age, 4(1), 100-112
Wargadinata, W., Maimunah, I., Dewi, E. & Rofiq, Z (2020). Student’s responses on learning in the early COVID-19 Pandemic. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 5 (1), 141-153.
Wong, G. L. H., Wong, V. W. S., Thompson, A., Jia, J., Hou, J., Lesmana, C. R. A., Susilo, A., Tanaka, Y., Chan, W. K., Gane, E., Ong-Go, A. K., Lim, S. G., Ahn, S. H., Yu, M. L., Piratvisuth, T., & Chan, H. L. Y. (2020). Management of patients with liver derangement during the COVID-19 pandemic: An Asia-Pacific position statement. The Lancet Gastroenterology and Hepatology, 5(8), 776–787. https://doi.org/10.1016/S2468-1253(20)30190-4