PENGARUH KONTEN INFLUENCER DI MEDIA SOSIAL TERHADAP KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS REMAJA AKHIR
Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma
Indonesia
Abstract
Penelitian ini dibuat untuk mengetahui pengaruh konten influencer di media sosial terhadap kesejahteraan psikologis remaja akhir. Subjek penelitian adalah 111 mahasiswa psikologi universitas X tingkat satu dan dua dengan rentang usia 17-21 tahun yaitu yang sudah memasuki periode remaja akhir. Metode yang digunakan adalah metode korelasional yang akan dianalisis dengan analisis koefisien korelasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi yang didapat adalah kuat dan positif. Positif maksudnya terjadi hubungan searah antara konten influencer di media sosial dan kesejahteraan psikologis remaja akhir. Bila konten influencer sering ditonton maka akan terjadi pembentukan kesejahteraan psikologis pada remaja akhir. Pembentukannya bersifat positif, sehingga apabila remaja sering melihat konten influencer, kesejahteraan psikologisnya juga akan meningkat.
Keywords
References
Biswas, U. N. (2007). Promoting health and well being in lives of people living with HIV and AIDS. Psychology developing societies, 19(2), 215-247.
Bush, A. J., Martin, C. A., & Clark, P. W. (2001). The effect of role model influence on adolescents’ materialism and marketplace knowledge. Journal of Marketing Theory and Practice, 27-36.
Dogan, U. (2016). Effects of social network use on happiness, psychological well-being, and life satisfaction. Education and Science Journal, 250-252.
Gallagher, S. M. (2017). The influence of social media on teen's self-esteem. Unpublished thesis. Glassboro: Rowan University.
Glucksman, M. (2018). The rise of social media influencer marketing on lifestyle branding. Elon Journal of Undergraduate Research in Communications, 78-79.
Hurlock, E. B. (1980). Development psychology, Fifth Edition. New York: McGraw Hill.
Krori, S. D. (2011). Developmental psychology. Homeopathic Journal, 3-4. http://www. homeorizon.com/homeopathicarticles/psychology/developmental-psychology
Lad, H. (2017). The positive and negative impact of social media on education, teenagers, business, and society. International Journal of Innovative Research in Science, Engineering and Technology, 2-4.
Prilleltnsky, I., & Prilleltensky, O. (2006). Promoting well being. New Jersey: John Wiley & Son.
Ryff, C. D. (1989). Happiness is everything, or is it? Exploration on the meaning of psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 6(57), 1069-1081.
Sears, D. O., Freedman, J. L., & Peplau, L. A. (1985). Psikologi sosial. Alih bahasa: Michael Adryanto. Jakarta: Erlangga.
We Are Social. (2019). Digital in 2019. Retrieved July 26, 2019, dari https://wearesocial.com/global-digital-report-2019
Yusuf, S. (2011). Psikologi perkembangan anak remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.