EFEKTIFITAS INTERVENSI PERUBAHAN STRATEGI PT.FINNET INDONESIA
Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma
Indonesia
Abstract
Perubahan strategi sangat dibutuhkan bagi perusahaan yang ingin memperkuat dan memperbaiki budaya organisasi. PT.Finnet telah melakukan evaluasi budaya organisasi dengan menggunakan salah satu alat ukur budaya organisasi yaitu Organizational Culture Assessment Instrument (OCAI) dimana budaya dari pretest menunjukkan budaya saat ini berada pada budaya kelompok dan budaya yang diharapkan berada pada budaya pasar. PT. Finnet ingin meningkatkan budaya pasar agar sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Maka dari itu dilakukan intervensi perubahan strategi untuk meningkatkan budaya organisasi ke arah pasar. Dengan menjalankan intervensi perubahan strategi selama delapan bulan dilakukan kembali pengukuran budaya organisasi dengan menggunakan alat ukur yang sama maka hasil posttest menunjukkan ada pergerakkan budaya menuju budaya pasar dengan pergerakkan sekitar 0,1-0,55 poin.
Kata Kunci: Budaya Organisasi, Intervensi Perubahan Strategi