LIFE EXPERIENCE PADA WIRAUSAHA GENERASI DIGITAL
Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma
Indonesia
Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma
Indonesia
Abstract
Wirausahawan didefinisikan sebagai individu yang mendirikan, mengelola, mengembangkan dan melembagakan perusahaan milik sendiri, sekaligus menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Berwirausaha juga merupakan suatu proses yang dilakukan individu untuk membuat sesuatu yang baru dan bernilai dengan mencurahkan waktu, tenaga dan sumber daya. Tentu saja waktu yang dibutuhkan dalam proses berwirausaha berbeda-beda dari masa ke masa. Oleh karena itu penelitian ini berfokus pada life experience wirausaha muda yang hidup di zaman digital seperti saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami fenomena yang muncul pada wirausahawan muda dan mengapa wirausahawan muda tersebut melakukan perilaku berwirausaha serta bagaimana proses wirausahawan muda dalam membangun bisnisnya. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang wirausaha muda berjenis kelamin perempuan berumur 22 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur dan observasi pemeran serta sebagai pengamat. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat ciri dan pola-pola khusus pada wirausahawan muda yakni, lost, survive, trial-error dan kontribusi IT dalam menunjang perilaku berwirausaha pada wirausahawan muda.
Kata Kunci :Generasi Digital, Life experience, Wirausaha