KONTRIBUSI IDENTITAS SOSIAL TERHADAP KONFORMITAS PADA PENGGEMAR K-POP
Fakultas Psikologi, Universitas Gunadarma
Indonesia
Abstract
Identitas sosial adalah pandangan individu tentang siapa dirinya selama orang tersebut berada dalam kelompok sosial tertentu. Bagian dari konsep diri yang berasal dari keanggotaan dalam satu atau lebih kelompok sosial, dan dari evaluasi yang diasosiakan dengannya. Konformitas adalah suatu keadaan dimana individu mengubah perilakunya agar selaras dengan orang lain. Individu merubah perilakunya sebagai hasil dari tekanan kelompok yang nyata atau hanya berdasarkan imajinasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi identitas sosial terhadap konformitas pada pengemar K-pop. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan uji hipotesis dilakukan dengan teknik analisis regresi sederhana. Sampel penelitian sebanyak 71 responden penggemar K-pop. Pengambilan data dengan menggunakan skala identitas sosial dan skala konformitas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh identitas sosial mempengaruhi konformitas sebesar17.9%.
Kata Kunci: Identitas social, konformitas, pengemar K-pop