HUBUNGAN ANTARA BODY IMAGE DAN PERILAKU KONSUMTIF PRODUK BERMEREK PADA REMAJA PUTRI
Fakultas Psikologi, Universitas Gunadarma
Indonesia
Abstract
Remaja putri mempertahankan kecantikan dan daya tarik fisiknya dengan cara berbelanja barang-barang yang dapat menunjang penampilan fisiknya. Remaja putri akan menjadi lebih boros untuk membelanjakan uang sakunya dalam membeli barang-barang yang dianggap dapat memenuhi kebutuhan akan kecantikan dan penampilan dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada hubungan antara body image danĀ perilaku konsumtif produk bermerek pada remaja putri. Hipotesis dalam penelitian ini adanya hubungan positif antara body image dan perilaku konsumtif produk bermerek pada remaja putri. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, kemudian alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala body image dan alat ukur skala perilaku konsumtif produk bermerek. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 100 remaja putri yang bersekolah di salah satu SMA Negeri kota Bogor dan berusia antara 15 sampai 18 tahun. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,410 dengan taraf signifikansi 0,000 (p < 0,01) yaitu adanya hubungan positif yang sangat signifikan antara body image dan perilaku konsumtif produk bermerek pada remaja putri. Arah korelasinya adalah positif, yang menunjukan bahwa semakin tinggi body image maka semakin tinggi pula perilaku konsumtif produk bermerek pada remaja putri.
Kata Kunci: Body image, perilaku konsumtif produk bermerek, remaja putri