ANALISIS WACANA PEMBERITAAN SELEBRITI PADA MEDIA ONLINE
Abstract
Fungsi media massa adalah sebagai media/alat untuk menyampaikan berita kepada khalayak secara luas. Berita terkini yang disampaikan beragam termasuk berita terbaru seputar kehidupan artis di Indonesia. Kehidupan selebriti selalu menarik untuk disiarkan dan tentu saja banyak diminati masyarakat dan dikonstruksi untuk menghasilkan berita yang menarik dan ditayangkan di media , termasuk pada media online.
Metode penelitian untuk menganalisis konstruksi berita selebriti adalah metode analisis wacana dari Fairclough. Analisis wacana Fairclough ini digunakan untuk melihat lebih luas sisi lain dari sebuah pemberitaan agar tidak timbul persepsi dari satu pihak saja. Melalui analisis wacana kritis dimungkinkan adanya temuan tentang ideologi yang terdapat dari suatu pemberitaan dalam berbagai media yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis wacana Fairclough, ada perbedaan isi pada pemberitaan selebriti di 4 media online. Masing-masing media membingkai berita yang sama dengan bingkai yang berbeda sesuai dengan idealisme media tersebut.