EFEKTIVITAS IKLAN MELALUI JEJARING SOSIAL SEBAGAI SALAH SATU STRATEGI PEMASARAN KERIPIK PEDAS MAICIH
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas iklan melalui jejaring sosial, yang
diukur melalui metode EPIC. Merek yang diteliti adalah keripik pedas Maicih, yang
merupakan produk keripik pedas dari PT. Maicih Inti Sinergi. Penelitian dilakukan
dengan menyebar kuesioner kepada 100 responden di Universitas Gunadarma dengan
menggunakan teknik purposive sampling. Variabel yang diteliti untuk mengukur
efektivitas adalah empati, persuasi, dampak, dan komunikasi. Dari skor rataan
pendapat respoden atas pernyataan yang mengukur dimensi empati didapat hasil
sebesar 3,98, dimensi persuasi sebesar 3,99, dimensi dampak sebesar 3,93, dan dari
dimensi komunikasi sebesar 3,90 sehingga diperoleh nilai EPICrate 3,95. Nilai
EPICrate 3,95 tersebut menunjukkan bahwa iklan produk keripik pedas Maicih melalui
jejaring social dinilai sangat efektif.