PERBEDAAN SELF-ACCEPTANCE (PENERIMAAN DIRI) PADA ANAK PANTI ASUHAN DITINJAU DARI SEGI USIA Getrudis Guna Putri 1

Getrudis Guna Putri, Putri Agusta K. D., Shubhi Najahi

Abstract


Di dalam panti asuhan, anak-anak yang ditelantarkan maupun anak-anak yang sudah
tidak memiliki orangtua akan didampingi dan dibimbing langsung oleh tenaga pengasuh
yang berfungsi sebagai pengganti orangtua. Dibesarkan oleh pengasuh yang tidak hanya
memperhatikan satu anak saja, menyebabkan anak-anak yang hidup di panti asuhan
mengalami kurangnnya perhatian, hal ini tidak menutup kemungkinan anak-anak
mengalami masalah dalam penerimaan diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui perbedaan penerimaan diri (penerimaan diri) pada anak panti asuhan
ditinjau dari segi usia. Partisipan dalam penelitian ini adalah anak-anak panti asuhan
yang berada di daerah Lubang Buaya, Jakarta Timur. Teknik pengambilan sample
menggunakan teknik purposive random sampling. Jumlah partisipan dalam penelitian ini
yaitu 30 anak berusia 8-11 tahun dan 30 anak berusia 12-15 tahun, dengan karakteristik
masing-masing kelompok usia terdapat laki-laki maupun perempuan yang tinggal di
panti asuhan. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala penerimaan
diri. Analisis data yang digunakan adalah uji perbedaaan independent sample T Test,
diperoleh signifikansi sebesar 0,790 (p > 0.05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak
terdapat perbedaan penerimaan diri pada anak panti asuhan yang ditinjau dari segi usia.


Full Text:

FULL PAPER