KARAKTERISTIK KECELAKAAN DAN SOLUSI PENANGANAN UNTUK MENGURANGI ANGKA KECELAKAAN DI KOTA BENGKULU

Elly Tri Pujiastutie, Sazuatmo Sazuatmo, Edito Dwi Antoro

Abstract


Dalam dua tahun terakhir ini kecelakaan lalu lintas di Indonesia oleh Badan Kesehatan
Dunia (WHO) dinilai menjadi pembunuh terbesar ketiga, dibawah penyakit jantung
koroner dan tuberculosis/TBC. Tingginya angka kecelakaan lalu lintas mendorong
segera dilakukannya penggalangan seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama
menekan angka kecelakaan di Indonesia dan khususnya kota Bengkulu yang mempunyai
gejala sama. Kondisi kota Bengkulu dengan perkembangan pertumbuhan ekonomi
menyebabkan meningkatnya daya beli mayaraka akan alat transportasit. Pertumbuhan
kendaraan cukup signifikan berdampak terhadap lalu lintas dan kondisi jalan kota
Bengkulu, seperti bertambahnya volume lalu lintas, menurunnya kualitas
jalan,perencanaan yang tidak memenuhi standar geometrik dapat menyebabkan
terjadinya kecelakaan. Tata guna lahan yang belum tertata secara baik, etika dan
kesadaran berlalu lintas yang rendah memperburuk kondisi ini.Tujuan khusus dari
penelitian ini adalah dari hasil evaluasi darah rawan kecelakaan diharapkan dapat
mengetahui karakteristik kecelakan yang ada di kota Bengkulu sehingga dapat
memberikan solusi penanganan di daerah rawan kecelakaan berdasarkan karakteristik
kecelakaan tersebut, diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan di Kota Bengkulu.
Analisis Deskriptif dilakukan dalam penelitian ini untuk mengetahui karakteristik
kecelakaan dan penyebabnya pada ruas-ruas rawan kecelakaan dan analisis Regresi
untuk mengetahui hubungan antar jumlah kecelakaan dan jumlah volume lalu lintas
serta kecepatan kendaraan. Jalan Pariwisata selama 3 tahun berturut – turut menempati
angka kecelakaan dengan nilai cukup tinggi rata – rata 16 kejadian per tahun. Tertinggi
ditahun 2012 mencapai 21 kejadian kecelakaan. Hasil Analisis regresi didapat
persamaan = 0,001 – 0,352 ,fungsi hubungan jumlah kecelakaan dan volume lalu
lintas dengan R
2
= 0,638 yang menunjukkan besarnya pengaruh perubahan variansi
volume lalu lintas terhadap variansi jumlah kecelakaan.Hasil analisis hubungan antara
jumlah kecelakaan dan kecepatan adalah regresi linier dengan persamaan = 0,21 –
3,153 dan R
2
= 0,799. Kecepatan kendaraan mempengaruhi jumlah kecelakaan lalu
lintas ditandai dengan nilai R
2
lebih dari 0,6


Full Text:

FULL PAPER