HUBUNGAN METAKOGNISI, EFIKASI DIRI AKADEMIK DAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA

Quroyzhin Kartika Rini, Ursa Majorsy, Ratna Maharani Hapsari

Abstract


Prestasi akademik telah menjadi perhatian utama pendidik selama bertahun-tahun. Banyak faktor
yang diketahui mempengaruhi prestasi akademik seseorang, diantaranya metakognisi dan efikasi
diri akademik. Metakognisi merupakan pengetahuan yang dimiliki seseorang mengenai kognisinya
sendiri, sedangkan efikasi diri akademik ialah keyakinan yang kuat yang dimiliki individu dalam
mencapai prestasi di bidang akademik. Bila mahasiswa dapat menggunakan metakognisinya
dengan baik dan memiliki efikasi diri akademik maka prestasi akademik yang baik akan lebih
mudah untuk dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara metakognisi,
efikasi diri akademik dan prestasi akademik pada mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 75 mahasiswa yang terdiri dari tingkat 2 sampai tingkat 4. Pengambilan sampel
menggunakan teknik accidental sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan,
diketahui bahwa tidak terdapat hubungan antara metakognisi dan prestasi akademik dengan
signifikansi sebesar 0.491 (p>0.05) dan nilai r = 0.081. Selain itu, diketahui bahwa terdapat
hubungan antara efikasi diri akademik dan prestasi akademik dengan signifikansi sebesar 0.013
(p<0.05) dan nilai r = 0.284. Hal ini menunjukkan bahwa metakognisi yang dimiliki oleh
mahasiswa tidak terkait dengan prestasi akademik yang dimilikinya, namun efikasi diri akademik
memiliki hubungan dengan prestasi akademik.


Full Text:

FULL PAPER