GRAND STRATEGI PENGEMBANGAN UKM BERORIENTASI EKSPOR

Widyatmini Widyatmini, Irwandaru Dananjaya, Tati Sunarti

Abstract


Pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah sangat penting dan strategis dalam
mengantisipasi perekonomian ke depan terutama dalam memperkuat struktur
perekonomian nasional. Adanya krisis perekonomian nasional seperti sekarang ini
sangat mempengaruhi stabilitas nasional, ekonomi dan politik, yang imbasnya
berdampak pada kegiatan–kegiatan usaha besar yang semakin terpuruk, sementara
Usaha Kecil dan Menengah serta Koperasi relatif masih dapat mempertahankan
kegiatan usahanya (Soeharto. Ekonomi Rakyat, hal 77). Terdapat tiga alasan yang
mendasari negara berkembang memandang pentingnya keberadaan UKM, yaitu
pertama karena kinerja UKM cenderung lebih baik dalam hal melahirkan tenaga kerja
yang produktif. Kedua, sebagai bagian dari dinamikanya, UKM sering mencapai
peningkatan produktivitasnya melalui investasi dan perubahan teknologi. Ketiga,
karena sering diyakini bahwa UKM memiliki keunggulan. Tujuan dalam penelitian : (1)
identifikasi UKM- UKM yang berorientasi ekspor dan kontribusi UKM berorientasi
ekspor di Banten; (2) menetapkan grand strategi sektor UKM menjadi kebijakan; (3)
mengkaitkan grand strategi sektor UKM berorientasi ekspor dengan visi dan misi
pembangunan nasional tahun mendatang. Adapun hasil dalam peneletian ini telah
dapat dilakukan identifikasi UKM-UKM di propinsi Banten dan sumbangan masingmasing
UKM terhadap PDRB maupun Pendapatan Asli Daerah masing-masing UKM di
propinsi. Dengan melakukan analisis SWOT dan menyusun matrik SWOTserta Matrik
seleksi grand strategi pada kondisi dan situasi yang ada pada UKM, maka dapat
menggunakan grand strategi konsentrasi sehingga dapat di ambil kebijakan secara
umum, yang selaras dengan rencana dan arah kebijakan pembangunan nasional tahun
2013- 2014, yaitu: Melakukan peningkatan ketrampilan melalui pendidikan dan
pelatihan guna meningkatkan pendapatan tenaga kerja; Melakukan pendampingan
usaha pada tenaga kerja mandiri sebagai mitra kerja UKM;Peningkatan akses
permodalan bagi pengembangan UKM karena sebagian besar UKM bermodal skala
kecil antara 300.000 -10,000.000 per ukm.


Full Text:

FULL PAPER