STRATEGI PENGEMBANGAN UKM BERORIENTASI EKSPOR DENGAN PENDEKATAN TIPOLOGI KLASSEN (STUDI KASUS DI PROPINSI DKI)

Widyatmini Widyatmini

Abstract


Pembangunan daerah lebih ditujukan pada urusan peningkatan kualitas masyarakat,
pertumbuhan ekonomi dan pemerataan ekonomi yang optimal, perluasan tenaga kerja,
dan peningkatan taraf hidup masyarakat. Tujuan - tujuan tersebut dapat dikaitkan
dengan perkembangan sumbang sih UKM terhadap masyarakat. Alwi (2001)
berpendapat bahwa banyak variasi mengenai definisi strategi dalam manajemen strategis
jika dilihat dari fokusnya. Tetapi intinya adalah sama yaitu strategi adalah rencana.
Strategi menurut James (dalam Alwi, 2001) merupakan pola atau rencana yang
menintegrasikan tujuan-tujuan utama, kebijakan-kebijakan, urutan-urutan aksi ke dalam
keseluruhan yang saling terkait. Menurut Handoyo (2001) strategi adalah tindakan yang
dilakukan perusahaan untuk mencapai kinerja yang diharapkan. Dalam penelitian ini
menggunakan Analisis Tipologi Klassen digunakan untuk memperoleh klasifikasi
pertumbuhan sektor perekonomian wilayah Propinsi DKI, Analisis Location Quotient
(LQ) digunakan untuk menentukan sektor basis dan non basis dalam perekonomian
wilayah Propinsi DKI, Analisis Shift Share digunakan untuk mengetahui perubahan dan
pergeseran sektor perekonomian wilayah Propinsi DKI. Dengan ketiga analisis ini akan
terlihat arah kebijakan pemerintah daerah untuk pemilihan sektor unggulan untuk
pengembangan UKM yang berorientasi ekspor. Hasil penelitian ini memberikan
gambaran bahwa sektor keuangan merupakan sektor unggulan provinsi DKI dan diikuti
sektor perdagangan. Kedua sektor ini cukup konsisten mengalami pertumbuhan dari
tahun ke tahun dan memberikan kontribusi terhadap PDRB yang cukup besar.


Full Text:

FULL PAPER