PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN DAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI

Noviana Pratiwi, Dewi Mayasari, Aqilah Shalihatulhayah

Abstract


Komitmen organisasi adalah kunci keberhasilan perusahaan. Karakteristik pekerjaan
digunakan untuk menghasilkan kepuasan kerja yang tinggi. Komitmen organisasi dapat
terwujud jika perusahaan dapat menciptakan lingkungan kerja yang mendukung
sehingga karyawan termotivasi untuk memberikan kinerja terbaiknya. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik pekerjaan dan penggunaan
teknologi informasi terhadap komitmen organisasi, studi kasus salah satu rumah sakit di
Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan data primer. Dalam penelitian ini, variabel
terikatnya adalah komitmen organisasi sedangkan variabel bebasnya adalah variasi
keterampilan, identitas tugas, signifikansi tugas, otonomi, umpan balik, dan penggunaan
teknologi informasi (TI). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variasi keterampilan,
signifikansi tugas, otonomi, dan umpan balik akan meningkatkan komitmen perawat
terhadap rumah sakit tempatnya bekerja sedangkan identitas tugas dan penggunaan TI
berhubungan negatif dengan komitmen organisasi, artinya peningkatan identitas tugas
dan penggunaan TI akan menurunkan komitmen perawat terhadap rumah sakit
tempatnya bekerja.


Full Text:

FULL PAPER