PENGARUH DAYA TARIK IKLAN, KOMPETENSI TENAGA PENJUAL, DAN PERSEPSI KUALITAS LAYANAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN JASA LAYANAN E-BANKING (STUDI KASUS PADA BNI KANTOR LAYANAN UNILA)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh daya tarik iklan, kompentensi
tenaga penjual dan persepsi kualitas layanan e-banking terhadap minat penggunaan ebanking
Bank BNI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik survei
yang melibatkan 95 orang nasabah Tabungan Plus Bank BNI Kantor Layanan
Universita Lampung. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, yang kemudian
dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian: (1) Daya tarik
iklan , kompetensi tenaga penjual, dan kualitas layanan e-banking secara bersama-sama
berpengaruh terhadap minat penggunaan jasa layanan e-banking Bank BNI, sebesar 47,5
%, masing-masing variabel bebas menyumbangkan pengaruh 19,51 %, 14,61 %, dan 13,38
%.; (2) Secara parsial daya tarik iklan berpengaruh positif sebesar 18,8 %, kompetensi
tenaga penjual berpengaruh positif sebesar 16,5 %, dan kualitas layanan e-banking
berpengaruh positif secara parsial terhadap minat penggunaan jasa layanan e-banking
Bank BNI, sebesar 20,8 %. Artinya, kompetensi tenaga penjual jasa layanan e-banking
Bank BNI sudah baik tetapi ternyata tidak cukup untuk meningkatkan minat nasabah
untuk menggunakan jasa layanan e-banking. Hal ini berarti kompetensi tenaga penjual
bukan merupakan faktor dominan bagi nasabah untuk melakukan keputusan pembelian.
Tenaga penjual menjadi salah satu sumber informasi nasabah untuk menjadi bahan
pertimbangan dalam melakukan pembelian. Minat nasabah meningkat secara
signifikan dengan semakin meningkatnya kompetensi tenaga penjual. Tetapi yang perlu
disadari bahwa peningkatan minat tersebut belum pada akhirnya adalah keputusan
untuk melakukan pembelian. Demikian pula halnya pada kualitas layanan e-banking
dan daya tarik iklan.