PERILAKU KONSUMEN DALAM BELANJA ELEKTRONIK TERHUBUNG

Silvia Silvia, Mohammad Abdul Mukhyi, Tati Sunarti

Abstract


Media internet berfungsi sebagai salah satu cara menjangkau pelanggan tanpa dibatasi
ruang dan waktu, dan menjadi populer didunia bisnis saat ini. Penelitian ini ditujukan
untuk menguji pengaruh perilaku konsumen dalam pembelian terhubung barang-barang
elektronik dengan cara mengunjungi situs-situs penjualan elektronik yang tersedia
dalam jejaring sosial atau website resmi yang telah dibentuk oleh para penjual
elektronik yang menggunakan internet sebagai media perantara antara penjual dan
pembeli tanpa harus mengunjungi langsung. Metode penelitian adalah survai, dengan
menggunakan pendekatan analisis jalur. Sampel penelitian ini adalah konsumen yang
pernah berbelanja melalui internet, khususnya dalam pembelian barang elektronik.
Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 150 orang. Structural Equation
Modeling (SEM) yang dijalankan dengan perangkat lunak AMOS, digunakan untuk
menganalisis data. Hasil analisis menunjukkan bahwa Persepsi kemudahan
mempengaruhi Sikap Terhadap Kegunaan. Dan Persepsi Manfaat mempengaruhi Sikap
Terhadap Kegunaan. Kepercayaan mempengaruhi Sikap Terhadap Kegunaan. Sikap
Terhadap Kegunaan mempengaruhi Niat Pemanfaatan. Kepercayaan tidak
mempengaruhi Niat Pemanfaatan. Pengalaman mempengaruhi Niat Pemanfaatan.
Persepsi Manfaat mempengaruhi Niat Pemanfaatan. Persepsi Kemudahan tidak
mempengaruhi Niat Pemanfaatan. Niat pemanfaatan mempengaruhi Pemanfaatan
Aktual. Pengalaman mempengaruhi Pemanfaatan Aktual. Sikap Terhadap Kegunaan
tidak mempengaruhi Pemanfaatan Aktual. Persepsi Manfaat mempengaruhi
Pemanfaatan Aktual.


Full Text:

FULL PAPER