FAKTOR-FAKTOR PSIKOLOGIS YANG MEMENGARUHI KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN MEREK AQUA DI KOTA BEKASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perilaku
konsumen dari faktor psikologis yang terdiri atas motivasi, persepsi, pembelajaran,
keyakinan, dan sikap terhadap keputusan untuk membeli produk air minum dalam
kemasan Aqua. Dan untuk mendapatkan yang berpengaruh dominan terhadap keputusan
konsumen diantara faktor psikologis yang terdiri dari motivasi, persepsi, pembelajaran,
keyakinan dan sikap untuk membeli produk air minum dalam kemasan Aqua. Data yang
digunakan adalah data primer yang diukur melalui daftar pertanyaan (kuesioner).
Kuesioner yang telah disebarkan sebanyak 100 responden. Teknik penarikan sampel
menggunakan teknik Simple Random sampling. Pada tahap analisis dilakukan uji
validitas dan uji reliabilitas, dan uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi
Linier Berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi, persepsi,
pembelajaran, keyakinan, dan sikap memengaruhi seorang konsumen dalam keputusan
pembelian produk air minum dalam kemasan merek Aqua di kota Bekasi dan diantara
semua faktor psikologis, faktor keyakinan mempunyai pengaruh yang paling dominan
terhadap keputusan pembelian.