SISTEM PELAYANAN JAMINAN KESEHATAN DAERAH PROSES, KENDALA DAN HARAPAN MASYARAKAT KURANG MAMPU KABUPATEN BOGOR
Abstract
Jamkesda adalah program Jaminan Kesehatan Daerah yang didanai oleh pemerintah
daerah. Dalam pelaksanaan jaminan kesehatan ini bekerja sama dengan PT Askes. Dinas
kesehatan bertugas untuk membayarkan premi atau iuran tetap ke PT Askes dan
selanjutnya PT Askes yang melakukan pembayaran atas klaim dari Pemberi Pelayanan
Kesehatan yaitu rumah sakit dan puskesmas. Penelitian ini menggunakan analisis
deskriptif kualitatif yang berkaitan dengan proses, kendala dan harapan masyarakat.
Data diperoleh dari pengamatan, wawancara dan kuesioner kepada petugas pelayanan
kesehatan maupun masyarakat penerima Jamkesda. Hasil yang diperoleh diketahui
bahwa proses pelayanan dan proses pendanaan sudah dilakukan dengan baik. Namun
diketemukan kendala dalam pendataan kepesertaan dari instansi Dinas Kesehatan dan
kendala pengarsipan di UPT puskesmas. Disamping kendala diatas dalam proses
pelayanan diperoleh pendapat bahwa masyarakat menyatakan puas akan pelayanan yang
diberikan, namun masyarakat berharap adanya perbaikan sistem pelayanan dari manual
menggunakan berkas-berkas persyaratan yang harus digandakan menjadi kartu
kepesertaan.