ANALISIS SWOT TENTANG STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENENTUKAN POSISI KLINIK GIGI MARGONDA DEPOK TAHUN 2019
Abstract
Penilitian ini untuk menganalisa dan mengetahui strategi pemasaran yang dapat dilakukan agar dapat meningkatkan kualitas di Klinik Gigi Margonda Depok. Penelitian ini memakai variabel, kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang ditunjukan pada posisi di matrik IE. Sedangkan metode yang dipakai secara kuantitatif dan kualitatif berdasarkan analisi SWOT dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis posisi matriks IE, dapat diketahui nilai terbobot lingkungan internal sebesar 3.00 dan nilai terbobot lingkungan eksternal sebesar 2,90. Dengan nilai terbobot tersebut, maka berada pada posisi sel 1 yang berarti Klinik Gigi Margonda Depok ada di posisi grow and develop (tumbuh dan berkembang) sehingga strategi yang bisa dipergunakan adalah penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. Dengan demikian, strategi pemasaran yang dapat diterapkan adalah strategi agresif, yaitu mengembangkan kekuatan yang ada dan meningkatkan serta mempertahankan peluang yang ada.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditama, Tjandra Yoga. (2000). “Manjemen Administrasi Rumah Sakit”. Edisi Ke-2 Depok: Universitas Indonesia Press
Boyd, walker & Larreche. (2000). “Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global”. Penerbit Airlangga.
Depkes. (1992). Peraturan Perundang-undangan Nomor 23 tahun 1992; tentang Kesehatan.
Kotler, P. (1997). “Manjemen Pemasaran”. Jakarta: PT Indeks.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). “Principal of Marketing. Eleventh Edition”. New Jersey: Prentice Hall International.
Alma, Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: PT Alfabeta.
Profil Klinik Gigi Margonda Depok, 2018
Article Metrics
Article view : 984 timesPDF : 6765 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.