ANALISIS MEDIA SIBER PADA AKUN INSTAGRAM @POTONGANFILM SEBAGAI RUANG KOMUNITAS VIRTUAL

Valen Anandayan
Universitas Ahmad Dahlan
Indonesia
Vani Dias Adiprabowo
Universitas Ahmad Dahlan
Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk memahami aktivitas interaksi pada komunitas virtual serta unsur komunikasi visual yang terjadi di dalam akun instagram @potonganfilm. Akun instagram @potonganfilm merupakan satu dari sekian banyaknya media online yang menciptakan komunitas virtual dengan penyajian konten yang menarik mengenai film sebagai lingkup informasinya. Akun instagram @potonganfilm mampu membentuk komunitas virtual dengan terciptanya interaksi, diskusi, serta bertukar pikiran antar pengguna. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan etnografi virtual melalui pendekatan analisis media siber yang mencakup 4 level, yaitu level ruang media, level dokumen media, level objek media, dan level pengalaman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa level ruang media pada akun tersebut berisikan informasi dan review film opini pemilik akun tersebut dengan menampilkan grafis informasi beberapa film. Pada level dokumen, unggahan yang disajikan akun instagram @potonganfilm meliputi; judul film, tahun film, tahun film, poster film, dan screenshot potongan film (legal). Serta akun ini telah memenuhi unsur komunikasi visual yaitu: garis, bentuk, tekstur, gelap terang, ukuran, warna, dan tipografi. Pada objek media, interaksi dan aktivitas para pengikut ialah memberikan komentar pada postingan. Level pengalaman media, sebagian besar pengikut mengikuti akun tersebut karena mendapatkan informasi tentang film dengan penyajian yang menarik.

Keywords
instagram; komunitas virtual; media siber; netnografri; review film
References

@potonganfilm on Instagram: “Film: Kill Boksoon (2023).” (n.d.). Diambil 12 Mei 2023, dari https://www.instagram.com/p/CsC4okZNy83/

@potonganfilm on Instagram: “Film: Like & Share (2023).” (n.d.). Diambil 12 Mei 2023, dari https://www.instagram.com/p/Cr8RGBhvUfI/

Abdurahman, A. I., & Aulia, R. (2020). Fenomena Mikro-Selebriti Di Media Sosial (Studi Etnografi Virtual Video Viral Akun @Helenjunet Tanggal 22 Maret 2019 Pada Pengguna Instagram). DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.33592/dk.v7i1.578

Akbar, I., Suyanto, S., & Ismandianto, I. (2022). Pengaruh Tayangan Konten Review Film pada Channel Youtube Cine Crib Terhadap Keputusan Menonton Subscribers. Jurnal PIKMA: Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24076/pikma.v5i1

APJII. (n.d.). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Diambil 12 Mei 2023, dari https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang

Armananti, S. H., & Asteria, D. (2019). Partisipasi Anggota dan Pemanfaatan Instagram dalam Interaksi Komunitas Brand Ria Miranda. Jurnal Komunikasi, 11(2), 155. https://doi.org/10.24912/jk.v11i2.5266

Awalun, C. R. P., Rusmana, D. S. A., & Jupriono. (2023). Pengaruh Review Film Horror pada Channel Youtube Cine Crib Terhadap Minat dan Kepuasan Penonton (Studi pada Subscribers YouTube Cine Crib). SEMAKOM: Seminar Nasional Mahasiswa Komunikasi, 1(1). https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/1667

Evelina, L. W. (2019). Komunitas adalah Pesan: Studi Netnografi Virtual di Situs Wisata TripAdvisor. Warta ISKI, 1(02), 65–74. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v1i02.19

Helen, H., & Rusdi, F. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Akun Instagram @Jktinfo Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Prologia, 2(2). https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3712

Hidayanti, R., & Martunis, Y. (2017). Peran Media Baru Dalam Membentuk Komunitas Virtual (Studi pada Mahasiswa yang Bergabung Dalam Komunitas Acehvidgram di Instagram). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 2(2), 47–66. https://jim.usk.ac.id/FISIP/article/view/2697

Instagram @potonganfilm, 2023. (n.d.). Diambil 12 Mei 2023, dari https://www.instagram.com/potonganfilm/

Jaafar, G. B., Farida, N., & Putri, K. N. I. (2022). Analisis Struktur Dan Karakter Jaringan Komunikasi Olahraga Tagar #Timnasday Di Twitter. Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 220–231. https://doi.org/10.35760/mkm.2022.v6i2.7412

Joshua, H. H., & Junaidi, A. (2022). Pengaruh Konten di Akun Instagram @netflixid dalam Meningkatkan Minat Penonton. Prologia, 6(1), 71. https://doi.org/10.24912/pr.v6i1.10290

Mayasari, F. (2022). Etnografi Virtual Fenomena Cancel Culture dan Partisipasi Pengguna Media terhadap Tokoh Publik di Media Sosial. Journal of Communication and Society, 1(01), 27–44. https://doi.org/10.55985/jocs.v1i01.15

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa (6 buku 1). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Milles, & Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Muntu, S. A. J., Tangkudung, J. P. M., & Lotulung, L. J. H. (2021). Studi netnografi pada media sosial instagram. Acta Diurna Komunikasi, 3(4), 1–8. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/36005

Nasrullah, M.Si., D. R. (2018). Riset Khalayak Digital: Perspektif Khalayak Media Dan Realitas Virtual Di Media Sosial. Jurnal Sosioteknologi, 17(2), 271. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2018.17.2.9

Nasrullah, D. R. (2018). Etnografi Virtual: Riset Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi di Internet. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Noviani, A., & Wijayanti, S. (2022). Instagram Sebagai Medium Pesan Komunitas Ibu Tunggal di Indonesia (Studi Netnografi di Akun Instagram@ singlemomsindonesia). Jurnal Netnografi Komunikasi, 1(1). http://netnografiikom.org/index.php/netnografi/article/view/1

Nurhaliza, W. O., & Fauziah, N. (2020). Komunikasi Kelompok dalam Virtual Community. KOMUNIDA : Media Komunikasi dan Dakwah, 10(01), 18–38. https://doi.org/10.35905/komunida.v10i01.1220

Permassanty, T. D., & Muntiani, M. (2018). Strategi Komunikasi Komunitas Virtual dalam Mempromosikan Tangerang Melalui Media Sosial. Jurnal Penelitian Komunikasi, 21(2), 173–186. https://doi.org/10.20422/jpk.v21i2.523

Pertiwi, R., & Rusadi, U. (2022). Karakteristik Komunitas Hong di Media Sosial Instagram pada Web 2 . 0. 2(2), 84–88. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jc.v22i2

Prihatiningsih, W. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Remaja. Fikom Budi Luhur, 8(1), 51. https://doi.org/10.36080/comm.v8i1.651

Robert V. Kozinets. (2010). Netnography: Doing Ethnographic Research Online. Sage Publications.

Saifudin, W., Kusuma, A., & Rachmawati, F. (2022). Aktivasi Digital Radio Siaran Sebagai Upaya Perluasan Audience. Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 85–99. https://doi.org/https://doi.org/10.35760/mkm.2022.v6i1.6676 87

Saputra, A., & Rachmaria, L. (2020). Pemanfaatan Instagram Indozone. Id Sebagai Media Pemenuhan Informasi Dan Hiburan Bagi Pengguna Instagram. Pantarei, 4(3). http://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/view/598

Saputra, P. D. (2019). Pengaruh Persepsi Konten Review Film Indonesia pada Akun Twitter @Watchmenid Terhadap Minat Penonton @Watchmenid Twitter Account To the Interest of the Audience. Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(3). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/lektur.v2i3.16312

Wulandari, W., & Triwardhani, I. J. (2018). Instagram sebagai Media Komunikasi Komunitas Meowholic kepada Followers pada Account Official Instagram @ Meowholicid sebagai Wadah Online Para Pecinta Kucing. SPeSIA : Seminar Penelitian Sivitas Akademika Unisba, 4(1), 311–316. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0

Information
PDF
2092 times PDF : 972 times