ISU-ISU TERKAIT PARIWISATA SELAMA LIBUR HARI RAYA IDUL FITRI 2022 DI MEDIA MASSA ONLINE

Kiayati Yusriah
Universitas Gunadarma
Indonesia
Sudaryanto Sudaryanto
Universitas Gunadarma
Indonesia
Dinda Rakhma Fitriani
Universitas Gunadarma
Indonesia
Christiana Wulandari
Universitas Gunadarma
Indonesia
Paujiatul Arifah
Universitas Gunadarma
Indonesia
Widiastiana Vista Wijaya
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Pemerintah Indonesia mengizinkan masyarakat untuk mudik pada libur Hari raya Idhul Fitri tahun 2022. Kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat yang sudah dua tahun merindukan perjalanan mudik yang dilengkapi dengan wisata. Terdapat banyak objek wisata yang kembali dibuka setelah dua tahun ditutup akibat pandemi Covid-19. Media massa online secara intensif memberitakan keramaian perjalanan mudik dan wisata. Kompas.com dan Detik.com memberitakan berbagai permasalahan pariwisata selama libur hari Raya Idhul Fitri 2022. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui framing berita tentang isu terkaitpariwisata selama libur hari raya Idhul Fitri 2022 pada Kompas.com dan Detik.com. Analisis dilakukan dengan menggunakanteori framing Robert N. Entmant yang terdiri dari perangkat-perangkat Define Problems, Diagnose Causes, Make Moral judgement dan treatment recommendation. Data dianalisis menggunakan software Atlas.ti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompas.com dan Detik.com sama-sama mengangkat isu kemacetan di berbagai lokasi wisata, adanya turis asing berfoto tanpa busana di tempat sakral di Bali dan ambruknya perosotan di Kenjeran Park Surabaya. Dalam membingkai turis asing yang telanjang di Bali terdapat perbedaan. Perbedaan pertama pada Define Problems. Kompas.com memberitakan bahwa turis tersebut melakukan perekaman video, sedangkan pada Detik.com hanya mengambil foto. Perbedaan kedua pada perangkat Make Moral Judgement.Kompas.com memberitakan bahwa yang bersangkutan meminta maaf secara langsung kepada warga desa Adat Bayan, kepada pihak berwajib dan kepada publik melalui media sosial. Detik.com membingkai bahwa netizen marah dengan ulah turis tersebut dan memaksanya untuk meminta maaf. Permintaan maaf dilakukan setelah adanya desakan netizen. Perbedaan lainnya terletak pada keragaman masalah yang dibingkai. Detik.com memberitakan lebih banyak problem pariwisata dibandingkan dengan Kompas.com, antara lain tentangwisatawan yang tergulung ombak ketika sedang berfoto dan destinasi pariwisata yang tutup dengan kondisi memprihatinkan akibat pandemi Covid-19.

Keywords
analisis framing; isu terkait pariwisata; media massa online
References

Anggarini, Desy Tri. (2021). Upaya Pemulihan Industri Pariwisata Dalam Situasi Pandemi Covid -19. Pariwisata, 8(1), 22-31.

Bidang Statistik Diskominfo Jabar. Wisatawan di Jawa Barat. Retrieved from https://opendata.jabarprov.go.id/id/infografik/wisatawan-di-jawa-barat on June 11, 2022

Entman,Robert N. (2007). Framing Bias: Media in the Distribution of Power. Journal of Communication, 57 (1), 163-173.

Eriyanto. (2009). Analisis Framing. Yogyakarta: LKIS.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kebangkitan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Retrieved from https://kemenparekraf.go.id/hasil-pencarian/kebangkitan-pariwisata-dan-ekonomi-kreatif on June 11, 2022

Novika, Soraya. Sederet Sektor Terdampak Paling Parah Selama Setahun Corona. Retrieved fromhttps://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5477536/sederet-sektor-terdampak-paling-parah-selama-setahun-coronaon June 11, 2022

Nugraha, Yudha Eka. (2021). Dampak Pandemi Covid 19 Pada Unit Usaha Pariwisata di Kawasan Pesisir Kota Kupang. Jurnal Industri Pariwisata, 3(2), 134-149.

Pemerintah Provinsi Bali. Berbagai Upaya Dilakukan Pemprov Bali untuk Pemulihan Ekonomi. Retrieved from https://www.baliprov.go.id/web/berbagai-upaya-dilakukan-pemprov-bali-untuk-pemulihan-ekonomi/ on June 11, 2022

Primayanti, Ni Wayan, Reni Nuraeni, Rana Akbari Fitriawan. (2016). Framing Analysis of Reports on Reclamation of Benoa Bay in Bali on Daily Kompas and Bali Post of June 2013-December 2014. Jurnal Sosioteknologi, 15(1), 68-85.

Shoemaker, Pamela J and Stephen D. Reese. (1991). Mediating the Message: Theories of Influences on Mass Media Content. New York: Longman.

Information
PDF
360 times PDF : 204 times