KONSTRUKSI REALITAS MEDIA ONLINE TERHADAP NAMA IBU KOTA NUSANTARA

Agustinus Rustanta
Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita
Indonesia
Hendra Alfani
Universitas Baturaja, Sumatera Selatan
Indonesia
Maria Yolanda
Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita
Indonesia

Abstract

Salah satu isu yang sangat menarik untuk dikaji lebih dalam terkait pemindahan ibu kota negara adalah pilihan nama Ibu Kota Negara yang baru dengan nama “Nusantara”. Nusantara telah dipilih menjadi nama ibu kota negara Indonesia yang baru yang berlokasi di Penajam, Kalimantan Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemberitaan media terhadap isu pemilihan nama “Nusantara” sebagai nama ibu kota yang baru. Data diperoleh dari tujuh media online di Indonesia dan dianalisis menggunakan pisau analisis framing model Zhondang Pan dan Gerald M Kosicki. Teori konstruksi realitas sosial dipilih sebagai pijakan mengkaji permasalahan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tujuh media yang diamati menampilkan hasil konstruksi yang berbeda untuk membingkai Nusantara sebagai nama ibu kota indonesia yang baru.

Keywords
Framing; konstruksi realitas sosial; media online; nusantara
References

Abrudan, E. (2008). Mass-media and the social construction of reality. Journal of Media Research-Revista de Studii Media, 1(02), 14–18.

Aditya, Z. F., & Fuadi, A. B. (2021). Konseptualisasi Omnibus Law Dalam Pemindahan Ibukota Negara. Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, 15(1), 149–164.

Berger, P. L. (2017). Reflections on the twenty-fifth anniversary of The Social Construction of Reality. In The New Sociology of Knowledge (pp. 11–16). Routledge.

Brekhus, W. H. (2015). Culture and cognition: Patterns in the social construction of reality. John Wiley & Sons.

Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif. Prenada Media Group.

Cottle, S. (2003). Media organization and production. Sage.

Dharma, F. A. (2018). Konstruksi Realitas Sosial: Pemikiran Peter L. Berger Tentang Kenyataan Sosial. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 1–9.

Gergen, K. J. (2018). The social construction of reality: Traces and transformation. In Social Constructivism as Paradigm? (pp. 259–272). Routledge.

Habibie, D. K. (2018). Dwi Fungsi Media Massa. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 79.

Hadi, F., & Ristawati, R. (2020). Pemindahan Ibu Kota Indonesia dan Kekuasaan Presiden dalam Perspektif Konstitusi. Jurnal Konstitusi, 17(3), 530–557.

Hamid, S. A. (2016). Pengaruh media massa terhadap perubahan sosial masyarakat. E-BANGI, 11, 214–226.

Hasibuan, R. R. A., & Aisa, S. (2020). Dampak Dan Resiko Perpindahan Ibu Kota Terhadap Ekonomi Di Indonesia. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 5(1), 183–203.

Hawkins, R. P., & Pingree, S. (1982). Television’s influence on social reality. Television and Behavior: Ten Years of Scientific Progress and Implications for the Eighties, 2, 224–247.

Herdiana, D. (2020). Menemukenali Syarat Keberhasilan Pemindahan Ibu Kota Negara [Identifying Conditions for Successful Relocation of the Nation’s Capital]. Jurnal Politica Dinamika Masalah Politik Dalam Negeri Dan Hubungan Internasional, 11(1), 1–18.

Howard, P. N. (2002). Network ethnography and the hypermedia organization: New media, new organizations, new methods. New Media & Society, 4(4), 550–574.

Karman, K. (2013). Media dan Konstruksi Realitas. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 16(1), 27–46.

Khatimah, H. (2018). Posisi dan peran media dalam kehidupan masyarakat. Tasamuh, 16(1), 119–138.

Khuluse, L. Z. (2011). The media and social construction of reality: a case study of the charges against Jacob Zuma.

McLeod, J. M., & Chaffee, S. R. (2017). The construction of social reality. In The social influence processes (pp. 50–99). Routledge.

Muslich, M. (2008). Kekuasaan Media Massa Mengonstruksi Realitas. Jurnal Bahasa Dan Seni, 36(2), 150–159.

Pradyanti, A., Venus, A., & Mahdalena, V. (2020). Framing News About Indonesia Capital City Translocation by Online Media Okezone.com and Viva.co.id. Journal of Digital Education, Communication, and Arts (DECA), 3(02), 124–134.

Putri, F. N., & Wahid, U. (2021). Pembingkaian Berita Tentang Rencana Pemindahan Ibu Kota Baru di Masa Pandemi Covid-19. PANTAREI, 5(01).

Sandu, A. (2016). Social construction of reality as communicative action. Cambridge Scholars Publishing.

Santoso, P. (2016). Konstruksi sosial media massa. AL-BALAGH: Jurnal Komunikasi Islam, 1(1).

Saputra, S. D., & Halkis, M. (2021). Analisis Strategi Pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Pertahanan (Studi Kasus Upaya Pemindahan Ibu Kota Negara dari DKI Jakarta ke Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara). Ekonomi Pertahanan, 7(2), 192–220.

Severin, W. J., & Tankard, J. W. (1997). Communication theories: Origins, methods, and uses in the mass media. Longman New York.

Shapiro, M. A., & Lang, A. (1991). Making television reality: Unconscious processes in the construction of social reality. Communication Research, 18(5), 685–705.

Slater, D., & Elliott, W. R. (1982). Television’s influence on social reality. Quarterly Journal of Speech, 68(1), 69–79.

Sulaiman, A. (2016). Memahami Teori Konstruksi Sosial Peter L. Berger. Society, 4(1), 15–22.

Suryadi, I. (2011). Peran media massa dalam membentuk realitas sosial. Academica, 3(2).

Tambunan, N. (2018). Pengaruh komunikasi massa terhadap audiens. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study (E-Journal), 4(1), 24–31.

Taufiq, M. (2017). Pemindahan ibu kota dan potensi konektivitas pemerataan ekonomi. Prosiding Semas Pemindahan Ibu Kota Negara 2017.

Toun, N. R. (2018). Analisis Kesiapan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam Wacana Pemindahan Ibu Kota Negara Republik Indonesia ke Kota Palangkaraya. Jurnal Academia Praja, 1(01), 129–148.

Wati, L., & Yuningsih, S. (2021). Analisis Framing Rencana Pemindahan Ibu Kota Indonesia Dalam Video “Dilema Ibu Kota Baru: Selamatkan Jakarta, Korbankan Kalimantan?” Pada Channel Youtube Bbc News Indonesia. Interaksi Peradaban, 1(2).

Wohn, D. Y., & Bowe, B. J. (2014). Crystallization: How social media facilitates social construction of reality. Proceedings of the Companion Publication of the 17th ACM Conference on Computer Supported Cooperative Work & Social Computing, 261–264.

Yahya, M. (2018). Pemindahan ibu kota negara maju dan sejahtera. Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat, 14(1), 21–30.

Zuhri, S., Fajriah, N., Wibowo, R. T. H., Prakoso, A. A. D., Indriani, R. O., Windari, A. T., Thomas, C., Auliya, A. Z., Annisa, M., & Yusuf, M. (2020). Teori Komunikasi Massa dan Perubahan Masyarakat (Vol. 5). Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang bekerjasama dengan ….

https://www.cnbcindonesia.com/news/20220128201730-4-311394/pro-kontra-ibu-kota-baru-ri-simak-perdebatan-ini

https://www.cnbcindonesia.com/news/20220131115940-4-311756/akankah-ibu-kota-baru-ri-sepi-susah-berkembang

https://www.cnbcindonesia.com/news/20220128201730-4-311394/pro-kontra-ibu-kota-baru-ri-simak-perdebatan-ini

https://nasional.kompas.com/read/2019/08/27/09284821/4-alasan-mengapa-ibu-kota-indonesia-harus-keluar-dari-pulau-jawa?page=all

https://www.babe.news/a/7062578828341674497?app_id=1124&c=wa&gid=7062578828341674497&impr_id=7062715298029488386&language=id&region=id&share_desc_type=two_special&user_id=7044073974699787266).

https://nasional.kompas.com/read/2022/02/03/05400041/belum-genap-sebulan-disahkan-kini-uu-ikn-digugat-ke-mk-?page=all)

Information
PDF
1099 times PDF : 441 times