AKTIVASI DIGITAL RADIO SIARAN SEBAGAI UPAYA PERLUASAN AUDIENCE
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Indonesia
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Indonesia
Indonesia
Abstract
Era digital telah membawa perubahan besar, khususnya pada industri media. Era yang ditandai dengan hadirnya internet sebagai perkembangan teknologi komunikasi digital yang lebih canggih, dianggap memberi dampak pada berubahnya selera audience di industri media konvensional. Masyarakat yang dulu mengandalkan media konvensional sebagai medium utama mendapatkan informasi dan hiburan, kini telah bergeser pada internet. Kondisi itu turut mempengaruhi pendapatan iklan yang terus merosot. Padahal, audience dan iklan merupakan sumber pendapatan yang memiliki peranan vital dalam menjalankan roda ekonomi dan bisnis pada industri media. Tantangan tersebut membawa para pengelola industri media konvensional untuk terus berinovasi, dan mengembangkan medianya sesuai dengan kemajuan teknologi dan tuntutan pasar atau khalayak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang memfokuskan pada industri radio siaran. Objek penelitian ini dilakukan pada Radio Suara Surabaya dan Prima Radio Surabaya, yang mana kedua radio tersebut merupakan radio swasta di Surabaya dengan segmentasi dewasa. Untuk mempertahankan eksistensinya di tengah tantangan media digital berbasis internet, kedua radio tersebut mencoba untuk mengembangkan medianya dengan melakukan konvergensi melalui media digital berbasis internet. Hasil penelitian ini melihat bagaimana Radio Suara Surabaya dan Prima Radio Surabaya aktif menggunakan media digital sebagai salah satu upaya untuk beradaptasi dengan kebutuhan konvergensi media dan memperluas pasar audience.
Keywords
References
APJI. (2018). Hasil Survey Profil Internet Indonesia 2018 (Issue June). apji.or.id
Bensa, C. (2015). Tipologi Komunikasi Virtual: Studi Kasus Pada Facebook Parenting Indonesia. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1 SE-Articles). https://doi.org/https://doi.org/10.31937/ultimacomm.v7i1.422
Haqqu, R. (2020). Era Baru Televisi dalam Pandangan Konvergensi Media. Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi, 16(1). https://journal.isi.ac.id/index.php/rekam/article/view/3721
Hidayah, A. R. (2020). Pengelolaan Konvergensi Media Suara Surabaya Media Di Era Disrupsi. Universitas Airlangga.
Ika. (2017). Angka Belanja Iklan di Radio Turun 30 Persen, Ini Penyebabnya. Https://Www.Jawapos.Com/Ekonomi/Bisnis/11/12/2017/Angka-Belanja-Iklan-Di-Radio-Turun-30-Persen-Ini-Penyebabnya/.
Joseph, T. (2011). APPS: The Spirit of Digital Marketing 3.0. Elex Media Komputindo.
Junaedi, F. (2014). Manajemen Media Massa : Teori, Aplikasi, dan Riset. Buku Litera. https://search.library.wisc.edu/catalog/9910219502402121
Kotler, P., & Keller, K. . (2012). Marketing Management, 14th Edition. Pearson Education Limited.
Ksiazek, T. B., Peer, L., & Lessard, K. (2014). User engagement with online news: Conceptualizing interactivity and exploring the relationship between online news videos and user comments. New Media & Society, 18(3), 502–520. https://doi.org/10.1177/1461444814545073
Kusnandar, V. B. (2019). Hanya 13% Masyarakat yang Masih Mendengarkan Radio. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2019/10/23/Hanya-13-Persen-Masyarakat-Yang-Masih-Mendengarkan-Radio. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/23/hanya-13-persen-masyarakat-yang-masih-mendengarkan-radio
Morissan. (2011). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. Kencana Prenadamedia Group.
Paramitha, C. R. P. (2011). Analisis Faktor Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan dalam Bidang Kuliner. Universitas Dipenogoro.
Permana, F. Y. (2017). Mempertahankan Pasar Media Cetak Melalui Konten Augmented Reality / AR (Studi pada Koran Tribun Jogja). Channel, 5(2), 77–90.
Prajarto, N. (2018). Netizen dan Infotainment: Studi Etnografi Virtual pada Akun Instagram @lambe_turah. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 15(1), 33–46. https://doi.org/10.24002/jik.v15i1.1367
Ramdan, D. M. (2016). Bisnis radio makin berat. Https://Industri.Kontan.Co.Id/News/Bisnis-Radio-Makin-Berat.
Rihartono, S. (2015). Strategi Pengelolaan Radio Siaran Di Tengah-Tengah Perkembangan Teknologi Internet. Profetik, 8(2). http://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/profetik/article/view/1093/1007
Saifudin, W. (2020). Proses Gatekeeping Radio Suara Surabaya Dalam Menjaga Akurasi Berita Di Tengah Serbuan Hoax. Universitas Airlangga.
Supriadi, C. (2015). Perluas Pasar Sekaligus Mendekatkan Diri dengan Pendengar Lewat Digital. Marketing.Co.Id. https://marketing.co.id/gen-fm-perluas-pasar-sekaligus-mendekatkan-diri-dengan-pendengar-lewat-digital/