MEDIA EDUKASI: KOMUNIKASI LITERASI DIGITAL PADA AKUN INSTAGRAM @SIBERKREASI
Universitas Gunadarma
Indonesia
Universitas Gunadarma
Indonesia
Universitas Gunadarma
Indonesia
Abstract
Perkembangan internet dan penggunaan media sosial di Indonesia semakin meningkat, namun tidak diimbangi dengan etika dan perilaku baik dari pengguna media sosial, sehingga Kementerian Komunikasi dan Informatika membentuk program gerakan literasi digital sebagai upaya edukasi kepada masyarakat, salah satu gerakan tersebut yaitu melalui media sosial instagram @siberkreasi. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan komunikasi literasi digital oleh akun instagram @siberkreasi dalam mengedukasi masyarakat. Metode yang digunakan kualitatif deskriptif dan paradigma konstruktivis. Teori dalam penelitian yaitu Teori Ekologi Media. Teknik pengumpulan data berupa Wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan akun instagram @siberkreasi sebagai gerakan edukasi secara digital kepada masyarakat, memiliki keterampilan komunikasi literasi seperti Literasi Fotovisual, Literasi Reproduksi, Literasi Cabang dan Literasi Informasi. Strategi komunikasi dasar yang dimiliki yaitu digital culture, digital safety, digital ethics, digital skills. Asumsi teori ekologi media sesuai dengan penerapan komunikasi literasi digital oleh akun @siberkreasi yaitu media instagram dipilih sebagai gerakan edukasi masyarakat, konten yang disajikan sebagai stimuli untuk memperbaiki persepsi perilaku bermedia sosial dan strategi komunikasi digital yang diterapkan sebagai acuan interaksi kepada masyarakat.
Keywords
References
Ade, Shira. 2021. Hasil Survei: Netizen Indonesia Paling Tidak Sopan Se-Asia Pasifik. Portal Berita Online. Link: Https://Indobalinews.Pikiran-Rakyat.Com/Nasional/Pr-882037923/Hasil-Survei-Netizen-Indonesia-Paling-Tidak-Sopan-Se-Asia-Pasifik Diakses Tanggal 7 April 2021
Dahono, Yudo. 2021. Data: Ini Media Sosial Paling Populer Di Indonesia 2020-2021. Portal Berita Online. Link: Https://Www.Beritasatu.Com/Digital/733355/Data-Ini-Media-Sosial-Paling-Populer-Di-Indonesia-20202021 Diakses Pada 31 Agustus 2021
Dedy N. Hidayat. 2003. Paradigma Dan Metodologi Penelitian Sosial Empirik Klasik. Jakarta: Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia
Dinia, Amirotu & Maya Mustika K S. 2020. Penguatan Kemampuan Literasi Digital Oleh Relawan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik). JCMS Vol. 5 No. 1 Tahun 2020, Halaman 1-15
Elfrida, Sella & Anisa Diniati. 2020. Pemanfaatan Fitur Media Sosial Instagram Dalam Membangun Personal Branding Miss International 2017. Jurnal Kajian Komunikasi Vol 8, No 1
Irawan, Aditya Wicaksono Dkk. 2020. Laporan Survei Internet
Apjii 2019 – 2020 (Q2). Jakarta: Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia
Nasrullah, Rullie Dkk. 2017. Materi Pendukung Literasi Digital. E-Book. Jakarta: Kementerian Dan Kebudayaan Dapat Diakses Https://Gln.Kemdikbud.Go.Id/Glnsite/Wp-Content/Uploads/2017/10/Cover-Materi-Pendukung-Literasi-Digital-Gabung.Pdf
Park, Sora. 2014. The Relationship Between Online Activities, Netiquette And Cyberbullying. Children And Youth Services Review 42 (2014) 74–81
Rahmaniar, Alifa Wima & Martha Tri Lestari. 2019. Strategi Komunikasi Dalam Sosialisasi Literasi Digital Melalui Media Sosial Instagram Kementerian Komunikasi Dan Informatika. E-Proceeding Of Management : Vol.6, No.1 April 2019
Rahmawan, Detta; Jimi N. M; Renata Anisa. 2019. Pengembangan Konten Positif sebagai bagian dari gerakan Literasi Digital. Jurnal Kajian Komunikasi, Volume 7, No. 1, Juni 2019, hlm. 31-43
Rianto, Puji. 2019. Literasi Digital dan Etika Media Sosial Di Era Post Truth. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 8, No. 2, Desember 2019, pp. 24-35
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Wahyudin, Delmia & Cardina Putri Adiputra. 2019. Analisis Literasi Digital Pada Konten Instagram @Infinitygenre. Jurnal Wacana, Volume 18 No. 1, Juni 2019, Hlm. 25 – 34
West, Richard & Lynn H. Turner. 2013. Pengantar Teori Komunikasi Analisis Dan Aplikasi ( Edisi 3, Jilid 1). Jakarta: Salemba Humanika