ANALISIS STRUKTUR JARINGAN SOSIAL PENGGUNA TWITTER DENGAN TAGAR #G20INDONESIA

Prayogi Alam Nugraha
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran
Indonesia
Stephannie Zeta Joram
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran
Indonesia
Nathasya Sekar Ayu Tresna Ngemas
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran
Indonesia
Resqazan Ardyananda
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran
Indonesia

Abstract

Perekonomian suatu negara merupakan salah satu aspek kehidupan yang sangat penting bagi keberlangsungan kenegaraan dan masyarakat itu sendiri. Terlebih, kehadiran COVID-19 yang membutuhkan biaya yang sangat besar dalam penanganannya. Maka dari itu, permasalahan ekonomi pun muncul seiringan dengan membaiknya angka COVID-19  kini. G20 yang dibentuk dengan didasarkan oleh kepedulian terhadap keadaan ekonomi global, yang mana pada tahun 2022 ini Indonesia berkesempatan untuk menjadi tuan rumah dari pelaksanaan KTT G20. Kesempatan itu menjadi momentum bagi Indonesia untuk mempromosikan negara Indonesia sebagai upaya perbaikan ekonomi negara, salah satunya melalui media sosial Twitter. Penelitian ini akan mengkaji struktur jaringan sosial pengguna media sosial Twitter pada tagar #G20Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Social Network Analysis (SNA) dan teori graf, serta aplikasi Gephi dengan algoritma ForceAtlas dalam melakukan analisis jaringan sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur jaringan pada tagar #G20Indonesia memiliki pola komunikasi roda asimetris dengan bentuk relasi jaringan langsung. Ditemukan juga bahwa akun-akun pribadi justru mendominasi dan memberikan dampak yang lebih besar dibandingkan dengan akun yang dikelola oleh lembaga termasuk G20 Indonesia sendiri dalam menggunakan tagar #G20Indonesia. Maka dari itu, penggunaan tagar #G20Indonesia sangat masif dalam menyebarkan informasi G20 melalui platform media sosial Twitter dengan aktor utama yakni berbagai akun pribadi yang populer.

Keywords
Ekonomi; G20 Indonesia; Social Network Analysis; Twitter
References

Annur, C. M. (2022). Pengguna Twitter Indonesia Masuk Daftar Terbanyak di Dunia, Urutan Berapa? Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/pengguna-twitter-indonesia-masuk-daftar-terbanyak-di-dunia-urutan-berapa

Azanella, L. A. (2022). Apa Itu G20, Sejarah, Tujuan, dan Profil Negara Anggotanya. Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2022/03/27/143000165/apa-itu-g20-sejarah-tujuan-dan-profil-negara-anggotanya?page=all#:~:text=Sejarah dan tujuan G20&text=Forum ini sebagai upaya untuk,pengaruh ekonomi sistemik%2C termasuk Indonesia.

Bakry, G. N. (2020). Struktur Jaringan Pengguna Twitter dengan Tagar #Bandunglawancovid19. Jurnal Komunikasi Global, 9(2), 209–229. https://doi.org/10.24815/jkg.v9i2.17478

Bakry, G. N., & Kusmayadi, I. M. (2021). Peran Pers Sebagai Aktor Gerakan Digital Tagar #SolidaritasUntukNTT di Twitter. Jurnal Kajian Jurnalisme, 5(1), 98. https://doi.org/10.24198/jkj.v5i1.33458

Borgatii, S. P., Everett, M. G., & Johnson, J. C. (2013). Analyzing Social Networks (J. Seaman (ed.)). SAGE Publication, Inc.

Bratawisnu, M. K., & Alamsyah, A. (2019). SOCIAL NETWORK ANALYSIS UNTUK ANALISA INTERAKSI USER DI MEDIA SOSIAL MENGENAI BISNIS E-COMMERCE. SOSIOHUMANITAS, 21(69), 63–69. https://doi.org/https://doi.org/10.36555/sosiohumanitas.v21i1.1000

Eriyanto. (2014). Analisis Jaringan Komunikasi : Strategi Baru Dalam Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial lainnya. Prenadamedia Group.

Hadiana, A. I., & Witanti, W. (2017). Analisis Jejaring Sosial Menggunakan Social Network Analysis untuk Membantu Social CRM bagi UMKM di Cimahi. Prosiding Saintiks FTIK UNIKOM, 29–36. http://prosiding-saintiks.ftik.unikom.ac.id/jurnal/analisis-jejaring-sosial.3v

Limanseto, H. (2021). Presidensi Indonesia G20 - 2022, Momentum Branding Indonesia di Dunia Internasional. Ekon.Go.Id. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/3469/presidensi-indonesia-g20-2022-momentum-branding-indonesia-di-dunia-internasional

Newman, M. E. J. (2005). A measure of betweenness centrality based on random walks. Animal Behaviour, 85(4), 771–779. https://doi.org/doi.org/10.1016/j.anbehav.2013.01.020

Prasetyo, D. T., Rhodiyah, Z., & Annisa, R. (2021). Analisis Jaringan Sosial Pada Aktor Pengelolaan Sampah Di Destinasi Pariwisata Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pariwisata Pesona, 6(2), 168–179. https://doi.org/https://doi.org/10.26905/jpp.v6i2.6740

Pusat Pengkajian Kerjasama perdagangan Internasional Kemendagri RI. (2020). LAPORAN AKHIR Analisis pemanfaatan Presidensi G20 Indonesia Pada Tahun 2023 di Sektor Perdagangan. http://bppp.kemendag.go.id/media_content/2020/12/lampiran_kajian_20210813155347Analisis_Pemanfaatan_Presidensi_G20_Indonesia_pada_Tahun_2023_di__Sektor_Perdagangan.pdf

Putri, A. S. (2020). G20: Mediator untuk Kemajuan Ekonomi Indonesia. Jurnal Hubungan Internasional, 13(1), 53–64. https://doi.org/https://doi.org/10.20473/jhi.v13i1.16863

Qudsy, S. Z., & Muzakky, A. H. (2021). Dinamika Ngaji Online Dalam Tagar Gus Baha: Studi Living Qur’an Di Media Sosial. POROS ONIM: Jurnal Sosial Keagamaan, 2(1), 1–19. https://doi.org/10.53491/porosonim.v2i1.48

Rogers, E. M., & Kincaid, D. L. (1982). Communication Networks: Toward a New Paradigm for Research. In Social Forces (Vol. 61, Issue 1). The Free Press. https://doi.org/10.2307/2578109

Ruhnau, B. (2000). Eigenvector-centrality — a node-centrality? Social Networks, 22(4), 357–365. https://doi.org/doi.org/10.1016/S0378-8733(00)00031-9

Sandi, F. (2022). AS “Ngambek” Gegara Jokowi Undang Putin Hadiri KTT G20 di RI. Cnbcindonesia.Com. https://www.cnbcindonesia.com/news/20220501094411-4-336325/as-ngambek-gegara-jokowi-undang-putin-hadiri-ktt-g20-di-ri

Sembiring, L. J. (2022). Ekonomi Dunia Melesat di 2021, Tapi Awas Ada Masalah Serius! Cnbcindonesia.Com. https://www.cnbcindonesia.com/news/20220321150205-4-324586/ekonomi-dunia-melesat-di-2021-tapi-awas-ada-masalah-serius

Setatama, M. S., & Tricahyono, D. (2017). Implementasi Social Network Analysis dalam Penyebaran Country Branding “Wonderful Indonesia.” Indonesia Journal on Computing (Indo-JC), 2(2), 91–104. https://doi.org/https://doi.org/10.21108/INDOJC.2017.2.2.183

Soumokil, O. V., Manongga, D., & Hendry. (2013). Pengaruh Sentralitas Aktor Dalam Jaringan Sosial Game Online Massive Multiplayer Online Role Playing Game Menggunakan Social Network Analysis [Universitas Kristen Satya Wacana]. https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/4200/2/T2_972010018_Full text.pdf

Stanley, C. R., & Dunbar, R. I. M. (2013). Consistent social structure and optimal clique size revealed by social network analysis of feral goats , Capra hircus. Animal Behaviour, 85(4), 771–779. https://doi.org/10.1016/j.anbehav.2013.01.020

Sugiarta, A. I., Syamsuar, D., & Negara, E. S. (2018). Analisis Sentralitas Aktor pada Struktur Jaringan Politik dengan Menggunakan Metode Social Network Analysis ( SNA ) : Studi Kasus Group Facebook Lembaga Survei Sosial Media. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (SEMNASTIK) X, 1–7. http://eprints.binadarma.ac.id/3858/1/Analisis Sentralitas Aktor pada Struktur Jaringan Politik.pdf

Tsvetovat, M., & Kouznetsov, A. (2011). Social Network Analysis for Startups. O’Reilly Media, Inc.

Wasserman, S., & Faust, K. (1994). Social Network Analysis: Methods and Applications (Structural Analysis in the Social Sciences) (1st ed.). Cambridge University Press.

Yuliana, I. (2019). ADOPSI SOCIAL NETWORK ANALYSIS ( SNA ) DALAM UPAYA MEMBANGUN KETANGGUHAN BENCANA di MASYARAKAT SOCIAL NETWORK ANALYSIS ( SNA ) ADOPTION IN EFFORTS TO BUILD. JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer), 2(2), 49–54. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33387/jiko.v2i2.1312

Information
PDF
1590 times PDF : 1651 times