KONTRIBUSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DARING DALAM PROSES PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA BARU DI ERA PANDEMI COVID-19

Fitri Dwi Lestari
Universitas Gunadarma
Indonesia
Dani Setiadarma
Universitas Gunadarma
Indonesia
Deri Virmadi
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan besarnya kontribusi komunikasi  interpersonal terhadap proses penyesuaian diri pada mahasiswa baru di era pandemi covid-19. Sampel penlitian ini adalah mahasiswa tingkat pertama sebanyak 120 responden. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dimana peneliti menetapkan kriteria yang telah ditentukan, yaitu mahasiswa tingkat pertama yang masuk universitas tahun 2020 dan melaksanakan kuliah serta komunikasi dengan teman kuliah lewat daring. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan pengukuran skala Likert, kemudian diolah dengan  program statistik dan dianalisis menggunakan Teori Penetrasi Sosial. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat kontribusi komunikasi interpersonal dalam proses penyesuaian diri pada mahasiswa baru di era pandemi covid-19, dengan besaran kontribusinya yaitu 49.8%. Dari hasil uji t dinyatakan komunikasi interpersonal mempengaruhi secara signifikan terhadap penyesuaian diri mahasiswa baru karena nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel, serta pengaruhnya bersifat positif yang artinya jika komunikasi interpersonal diterapkan dengan sangat baik maka akan mengasilkan penyesuaian diri yang tinggi

Keywords
Penyesuaian Diri; Komunikasi Interpersonal; Pandemi Covid-19
References

Habibah, A. F., Shabira, F., & Irwansyah. (2021). Pengaplikasian Teori Penetrasi Sosial pada Aplikasi Online Dating. Jurnal Teknologi Dan Informasi Bisnis, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.183

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis. Seventh Edition. Prentice Hall International.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). SE Mendikbud: Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk Mencegah Penyebaran Covid-19.

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19

Mataputun, Y., & Saud, H. (2020). Analisis Komunikasi Interpersonal dan Penyesuaian Diri Remaja. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(1), 32–37.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Zain, M. R. (2020). Penyesuaian Diri dan Komunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa Asing yang Mengalami Gegar Budaya. Jurnal Psikoborneo, 8(1), 90–99.

Information
PDF
1234 times PDF : 832 times