PENGARUH VLOG YOUTUBE JEROME POLIN TERHADAP MINAT SISWA SMANU M.H. THAMRIN MELANJUTKAN STUDI KE JEPANG

Ahmad Nasher
Universitas Gunadarma
Indonesia
Nafisah Nurul Amani
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Banyak bermacam macam jenis video yang berkembang di media YouTube salah satunya adalah vlog. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh vlog YouTube Jerome Polin terhadap minat siswa kelas 12 SMANU M.H Thamrin melanjutkan studi ke Jepang. Responden penelitian ini adalah siswa kelas 12 dikarenakan siswa kelas 12 akan melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi serta umur responden termasuk kedalam kategori umur terbanyak yang menggunakan YouTube di Indonesia 15-34 tahun. Teori pada penelitian ini yaitu menggunakan teori S-O-R (Stimulus, Organism, Respons)  yang dimana stimulus yaitu vlog youtube Jerome Polin, organisme yaitu siswa kelas 12 SMANU M.H Thamrin dan respon yaitu minat untuk melanjutkan studi ke Jepang. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat pengaruh positif terhadap minat siswa kelas 12 SMANU M.H Thamrin melanjutkan studi ke Jepang dan hasil uji hipotesis menyatakan bahwa ho ditolak dan ha diterima yang artinya terdapat pengaruh antara vlog YouTube Jerome Polin terhadap minat siswa kelas 12 SMANU M.H Thamrin melanjutkan studi ke Jepang.

Keywords
Minat, vlog; Youtube
References

Creeber, G., & Martin, R. (Ed. ). (2009). Digital Cultures: Understanding New Media. Open University Press.

David, E. R., Sondakh, M., & Harilama, S. (2017). Pengaruh Konten Vlog Dalam YouTube Terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi. Universitas Sam Ratulangi.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Citra Aditya Bakti.

Fahrunnisa, F. S. (2019). Ini Daftar 100 SMA Terbaik Berdasarkan Hasil UN 2019.

Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/news/read/3993360/ini-daftar-100-sma-terbaik-berdasarkan-hasil-un-2019

Hartanti, A. D. (2018). Pengaruh Video Blog Gitasav Terhadap Minat Siswa Untuk Melanjutkan Studi Ke Jerman. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Kemp, S. (2020). Digital 2020: 3.8 billion People Use Social Media. We Are Social. https://wearesocial.com/uk/blog/2020/01/digital-2020-3-8-billion-people-use-social-media/

Lievrouw, L., & Sonia, L. (2006). Handbook of New Media: Social Shaping and Social Consequences of Icts. Sage Publications Ltd.

Mcquail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa. Salemba Humanika.

Monalisa, E, L. (2018). Pengaruh Tayangan Food Vlogger Chanel YouTube Ria Sw Terhadap Minat Mahasiswa. Universitas Mercu Buana.

Nasrullah, R. (2014). Selling Self-Image in The Era of New Media. Jurnal Humaniora, 24(1), 3–12.

Polin, J. (2017). Nihongo Mantappu. YouTube. https://www.youtube.com/c/nihongomantappu/featured

Prihadi, S. D. (2015). YouTube dalam Angka-Angka. Cnnindonesia.Com.

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20150214143544-185-32127/youtube-dalam-angka-angka

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

ZMD. (2005). Vlog. In Urban Dictionary. Urban Dictionary. https://www.urbandictionary.com/define.php?term=vlog

Information
PDF
1234 times PDF : 1453 times