APLIKASI TIK TOK SEBAGAI MEDIA KAMPANYE GERAKAN CUCI TANGAN SESUAI PANDUAN WHO TERHADAP KESADARAN HIDUP SEHAT MAHASISWA
Magister Ilmu Komunikasi, Universitas Gunadarma
Indonesia
AKMRTV Jakarta
Indonesia
Abstract
Kampanye gerakan cuci tangan sesuai panduan WHO melalui aplikasi TikTok menjadi viral di masyarakat, karena menarik dan memiliki tujuan memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Kampanye tersebut efektif karena respons masyarakat sangat tinggi. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada mahasiswa aktif AKMRTV Jakarta yang mengetahui atau pernah menonton video yang bersumber dari aplikasi TikTok serta pengguna aktif aplikasi TikTok. Responden dalam penelitian ini sebanyak 86 orang dan ditentukan berdasarkan sampling random sederhana. Sumber data dalam penelitian ini yaitu menggunakan data primer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas kampanye gerakan cuci tangan sesuai panduan WHO dapat mempengaruhi kesadaran hidup sehat mahasiswa AKMRTV Jakarta. Mahasiswa AKMRTV Jakarta tertarik terhadap pesan cuci tangan yang benar versi WHO yang disampaikan melalui aplikasi TikTok, dan mengikutinya. Pesan kampanye cuci tangan sesuai panduan WHO dilihat dari Model Elaboration Likelihood termasuk Strong Arguments, yaitu pesan yang disampaikan secara kuat mempengaruhi mahasiswa untuk mengikuti sesuai pesan yang diharapkan. Mahasiswa yang telah mendapatkan pesan tersebut, kemudian mempraktikannya dan dilihat oleh masyarakat, terutama generasi muda sehingga mereka pun ikut berubah.
Keywords
References
Deriyanto, D., & Qorib, F. (2018). Persepsi Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang terhadap Penggunaan Aplikasi Tik Tok. Jisip: Jurnal Ilmu Sosial Dan IlmuPolitik, 7(2).
Hutagalung, I. (2015). Teori – Teori Komunikasi dalam Pengaruh Psikologi. Indeks.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (Prentice Hall (Ed.); 14th Ed.).
Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Perusahaan. Kencana Prenada Media Group.
Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2008). Theories Of Human Communication (Edisi Kese). Thomson Wadsworth.
Nuranisa. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok terhadap Promosi Kesehatan di Lingkup Fakultas Kesehatan Masyarakat Muhammadiyah Palu. Academia.Edu. Https://Www.Academia.Edu/42348552/Nuranisa
Petty, R. E., & Cacioppo, J. T. (1986). The Elaboration Likelihood Model Of Persuasion. Advances In Experimental Social Psycholog, 19.
Rogers, & Storey. (1987). Communication Campaign. Sage Publication.
Sekarwulan, A., Novita, Jamil, H. P., & Safitri, D. (2020). Peran Instagram @P2ptmkemenkesri sebagai Media Kampanye Kesehatan. Communications, 2(1), 1–14.
Somantri. (2011). Dasar-Dasar Metode Statistika Untuk Penelitian. Pustaka Setia.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Wulandewi, M. P. (2019). Pengaruh Penggunaan #2019gantipresiden di Media Sosial terhadap Sikap Mahasiswa dalam Memilih Presiden pada Pemilihan Presiden Tahun 2019(Studi pada Mahasiswa S1 Angkatan 2016 Fisip Universitas Lampung). Universitas Lampung.