PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU, KUALITAS WEB DAN KEMUDAHAN TERHADAP KEPERCAYAAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP MINAT BELI ONLINE

Sugiharti Binastuti
Universitas Gunadarma
Indonesia
Suryadi Hermanto
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Perkembangan Teknologi Internet memunculkan startup e-commerce dengan membangun market place. Penelitian ini menggunakan varibel Komunikasi Pemasaran Terpadu dan mengadopsi ISS Model dengan variabel Kualitas WEB  (Kualitas Informasi, Sistem dan Layanan)  dan Technology Acceptance Model (TAM), dengan variabel kemudahan  untuk melihat niat beli online  dengan menambahkan variabel kepercayaan sebagai Intervening. Pengaruh tiga variabel  prediktor terhadap niat beli online melalui kepercayaan dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Model. Responden  penelitian sebanyak 260 yang terdiri dari masyarakat umum dan mahasiswa yang mengisi kuisioner secara online. Jumlah responden mayoritas perempuan (74,23%), sudah mempunyai pekerjaan tetap (50,1%), dengan rata-rata pendapatan per bulan < 5 jt (61,2%).  Berdasarkan nilai Average Variance Extracted (AVE) dan Composite Reliability pada analisis CFA, semua butir pertanyaan untuk setiap latent variable mempunyai reliabiitas di atas 0,70 dan validitas di atas 0,50. Model empiris mempunyai Goodness of fit yang dapat diterima berdasarkan nilai c2/df, CMIN/DF, GFI, NFI; IFI, TLI, CFI, dan RMSEA.   Tiga variabel berpengaruh terhadap kepercayaan yaitu kualitas informasi, kualitas layanan dan kemudahaa, sedangkan komunikasi pemasaran terpadu dan kualitas layanan tidak terbukti mempunyai pengaruh. Niat Beli Online dipengaruhi oleh Komunikasi Pemasaran Terpadu dan Kepercayaan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran terpadu berpengaruh langsung terhadap niat beli online tidak melalui kepercayaan.

Keywords
Komunikasi Pemasaran Terpadu; Kualitas WEB; Kemudahan; Kepercayaan; Niat Beli Online
References

Davis, Fred D. (1986). “Technology Acceptance Model for Empirically Testing New End-User Information System Theory and Results.” Dissertation. Massachusetts Institute of Technology (MIT).

DeLone, W.H. and E.R. McLean. 2003. “The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update”. Journal of Management Information Systems, Spring. Vol. 19, No. 4, pp. 9–30.

Damarjati IH, Andriani K, M Kholid. 2016. The Influence of Integrated Marketing Communication (IMC) on Brand Equity and Purchase Decision. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vo. 34. No. 1 Mei 2016.

Faradila dan Soesanto. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Manfaat terhadap Minat Beli dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengunjung Toko Online berrybenka.com di Kalangan Mahasiswa Universitas Diponegoro). Diponegoro journal of management, Vol. 5, No. 3, pp 6-9

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. 2014. Multivariate Data Analysis (7th eds.). London: Pearson New International Edition.

Hsu, C.L., K.C.Chang, and M.C. Chen. 2012. “The Impact of Website Quality On Customer Satisfaction and Purchase Intention: Perceived Playfulness and Perceived Flow As Mediators”. Information Systems and E-Business Management. Vol. 10, pp. 549–570.

Kim, D., J., Ferrin, D., L., dan Rao, H., R. (2007). A Trust-Based Consumer Decision Making Model in Electronic Commerce: The Role of Trust, Perceived Risk, and Their Antecedents. Decision Support Systems. Volume 44(2).

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016): Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Kwek Choon Ling, Dazin Bin Daud, Tan Hoi Piew, Kay Hooi Koey, dan Padzil Hassan (2011). Perceived Risk, Perceived Technology, Online Trust for the Online Purchase Intention in Malaysia. International Journal of Business and Management. Vol. 6 No. 6.

Jaideaw Sang Wan, WIngwon, Boonthawan. 2018. Effect of Integrated Marketing Communication and Brand Value Perception Toward Purchase Intention of Local Coffee Brand as the Perspective of Customers in Amphur Muang Lampang, International Journal of Management and Applied Science, ISSN: 2394-7926 Volume-4, Issue-1, Jan.-2018 http://iraj.in.

Karnadjaja Claudia, Diyah Tulipa, Robertus Sigit H Lukito (2017). Pengaruh Persepsi Risiko, Manfaat, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Belanja Online Melalui Kepercayaan Dan Sikap Pada Konsumen Zalora Di Surabaya. Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen. Vol. 6 No. 2. ISSN 2303-1611

Kim, J (2012). “An empirical study on consumer firs purchase intention in online shopping: integrating initial trus and TAM; Electronic commerce research. Vol 12. No. 2 pp. 125-150.

Ling K.C, Dazmin, Tan H.P, Kay H, Padzil H, 2010. Perceived Risk, Perceived Technology, Online Trust for The Online Purchase Intention in Malaysia. International Journal of Business and Management. Vol 6. No. 6. Juni 20

Laksamana Patria (2018). Impact of Social Media Marketing on Purchase Intention and Brand Loyalty: Evidence from Indonesia Banking Industri. International Review of Management and Marketing Vol 8 Issue 1 – 2018

Muslim Amin, Sajad Rezaei, Maryam A. 2014. User Satisfaction with mobile websites: the impact of perceived usefulness (PU), Perceived ease of use (PEOU) and trust. Nankai Business Review International Vol.5 Iss 3 pp 258-274. DOI: 10.1108/NBRI-01-2014-0005

Priya at al (2017), Mobile banking adoption in an emerging economy, Benchmarking: An International Journal Vol. 25 No. 2, 2018 pp. 743-762, www.emeraldinsight.com/1463-5771.htm

Prabela V.Eka, Srikandi K, M Kholid M (2016). Pengaruh IMC dan public Relation terhadap Citra Merk dan Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 35, NO. 2.

Purwanto Albin S.A dan Teguh Purwanto (2019). Pengaruh Social Media Influencer terhadap Purchase Intention yang dimediasi oleh Trustworthiness studi pada Akun Instagram @KulinersSBY. Majalah Ekonomi Vol. XXIV.

Tam, C and Oliveira, T. 2017. “Understanding mobile banking individual performance : The DeLone & McLean model and the moderating effects of individual culture”. Internet Research, Vol. 27 Issue: 3, pp.538-562, https://doi.org/10.1108/IntR-05-2016-0117.

Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., and Davis, F. D. 2003. “User Acceptance of Information Technology: Toward A Unified View”. MIS Quarterly. Vol. 27 No. 3, pp. 425–478. http://doi.org/10.2307/30036540

Widodo Agus, Honorata RDP dan Nurchayati. (2016). Pengaruh Kualitas Sistem Aplikasi dan Kualitas Informasi terhadap kepuasan pengguna system aplikasi RTS (Rail Ticketing System) dengan Kepercayaan sebagai variabel mediasi. (Studi Pada Penumpang “KAI” Ekonomi Operasi 4 Semarang) Media Ekonomi dan Manajemen Vol. 31 No. 2 Juli 2016

Wibowo Setyo F., Dede Rosmauli, Usep Suhud. 2015. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahaan, Fitur Layanan dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan E-Money Card (Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline Jakarta). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia. Vol. 6 No. 1.

Wu, C.W., K.H. Huarng, S.Fiegantaram, and P.C.Wu. 2012. “The impact of Online Customer Satisfaction on The Yahoo Auction in Taiwan”. Service Business, 6, pp. 473–487.

Zhou (2011), An empirical examination of initial trust in mobile banking, Internet Research Vol. 21 No. 5, 2011 pp. 527-540, www.emeraldinsight.com/1066-2243.htm

http://www.alexa.com/

http://www.databoks.katadata.co.id/

http://www.databoks.katadata.co.id/

https://www.apjii.or.id/

Information
PDF
832 times PDF : 244 times