JARINGAN SOSIAL KOMUNIKASI PEMASARAN TRAVELOKA DI TWITTER

Priyanto Priyanto
Universitas Gunadarma
Indonesia
Nuke Farida
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jaringan sosial komunikasi pemasaran pada level aktor, tipe relasi dan jenis relasinya dari akun Twitter Traveloka dengan menggunakan hashtag (#)PilihAkuTraveloka. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan software Netlytic.org untuk mendapatkan data sampel nodes sebesar 157 dan software Gephi 0.9.2 digunakan untuk mengolah dan menganalisis data. Teori yg digunakan adalah Teori Computer Mediated Communication. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran jaringan Traveloka adalah 143. Nilai degree centrality dan eigenvector pada hashtag (#)PilihAkuTraveloka pada akun Traveloka menunjukkan bahwa aktor tersebut berperan sebagai aktor penting dan populer. Terdapat 115 aktor yang memiliki kedekatan dengan semua aktor dalam hashtag (#)PilihAkuTraveloka berdasarkan closeness centrality sebesar 1.0. Pada hashtag (#)PilihAkuTraveloka tidak ada aktor yang memiliki peran sebagai penghubung (betweenness centrality) antar aktor di dalam jaringan komunikasi tersebut. Tipe relasi yang dibangun dalam jaringan sosial di Twitter pada hashtag (#)PilihAkuTraveloka adalah directed (mempunyai arah) dengan arah asimetris (satu arah). Jenis relasi Traveloka pada jaringan sosial ini adalah pemberi dan penerima informasi kepada para pengikutnya di media sosial Twitter. Traveloka sebagai aktor penting dalam penyebaran informasi hanya menggunakan Twitter sebagai media pemberi informasi berupa produk dan jasa yang ditawarkan.

Keywords
E-Commerce; Hubungan Aktor; Social Network Analysis; Twitter
References

Ahyuna, Hamzah, M. D., & HM, M. N. (2013). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Promosi Pemasaran Produk Lokal Oleh Kalangan Usaha di Kota Makassar. Jurnal Komunikasi KAREBA, 2(1), 30–40. http://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/view/346

binus.ac.id. (2019). Perilaku Belanja Online di Indonesia. Binus.Ac.Id. https://binus.ac.id/bandung/2019/08/perilaku-belanja-online-di-indonesia/

databoks.katadata.co.id. (2019). Indonesia Masuk Daftar 10 Negara dengan Unicorn Terbanyak di Dunia. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/25/indonesia-masuk-daftar-10-negara-dengan-unicorn-terbanyak-di-dunia

Eriyanto. (2014). Analisis Jaringan Komunikasi Strategi Baru dalam Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Prenadamedia Group.

Febriyantoro, M. T., & Debby, A. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD, 1(2).

Hasibuan, L. (2019). Bikin Bangga! Ini 5 Karya Anak Bangsa yang Mendunia. Cnbcindonesia.Com. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20190816192307-37-92664/bikin-bangga-ini-5-karya-anak-bangsa-yang-mendunia

Juniarti, A. (2014). Analisis Penggunaan Digital Advertising Travelicious Indonesia Melalui Media Sosial (Studi Kasus: Facebook dan Twitter). Universitas Prof.Dr.Moestopo (Beragama).

Kamilla, S. (2019). Inilah Fungsi Hashtag dan Cara Penggunaannya di Media Sosial. Review.Bukalapak.Com. https://review.bukalapak.com/techno/inilah-fungsi-hashtag-dan-carapenggunannya-di-media-sosial-3522

Kennedy, J. E., & Soemanagara, R. D. (2006). Marketing Communication Taktik & strategi. PT. Bhuana Ilmu Populer.

Kurniawan, P. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern pada Batik Burneh. Jurnal Kompetensi, 11.

Nugroho, A. C. (2011). PERENCANAAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ( Studi Deskriptif Mengenai Perencanaan Komunikasi Pemasaran yang Diterapkan oleh Nimco Clothing Company dalam Mempromosikan Produk melalui Online Media). UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

Pratama, R., & Iqbal, M. (2018). Analisis Pemetaan Jejaring Stakholder Pariwisata di Kota Batu dengan Menggunakan Metode Social Network Analysis (SNA). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 54(1).

Rohimah, A. (2018). Era Digitalisasi Media Pemasaran Online dalam Gugurnya Pasar Ritel Konvensional. KANAL (JURNAL ILMU KOMUNIKASI), 6(2), 91–100.

Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan 2017.

Soenarso, S. A. (2019). Go-Jek sudah Decacorn, kapan Bukalapak dan Traveloka nyusul? Industri.Kontan.Co.Id. https://industri.kontan.co.id/news/go-jek-sudah-decacorn-kapan-bukalapak-dan-traveloka-nyusul

Information
PDF
947 times PDF : 656 times