HUBUNGAN ANTARA KREDIBILITAS PEMBICARA KEGIATAN SOSIALISASI KEPEMILUAN OLEH KPU KOTA BANDUNG DENGAN SIKAP PEMILIH DISABILITAS TERHADAP PILKADA SERENTAK 2018
Program Studi Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran
Indonesia
Program Studi Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran
Indonesia
Program Studi Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran
Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana hubungan antara kredibilitas pembicara kegiatan sosialisasi kepemiluan dengan sikap pemilih disabilitas terhadap pilkada serentak 2018. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teori yang digunakan adalah Source Credibility Theory yang dikemukakan oleh Hovland. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Sementara itu, untuk mengumpulkan data, penulis melakukan penyebaran angket, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang cukup berarti antara kredibilitas pembicara kegiatan sosialisasi kepemiluan dengan sikap pemilih disabilitas terhadap pilkada serentak 2018.
Keywords
References
Ardianto, Elvinaro. (2010). Metode Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya Bandung.
Aziz, Safrudin. (2014). Perpustakaan Ramah Difabel: Mengelola Layanan Informasi Bagi Pemustaka Difabel. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.
Azwar, Saifudin. (2013). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Effendy, Onong Uchjana. (2009). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Hovland, Carl I, Janis, Irving L, Harold L. Kelley. (1953). Communication and Persuasion. London. Yale University Press.
Kaplan, M. Robert & Saccuzo, P. Dennis. (1993). Phsycological Testing Principles, Application and Issues. Pacific Groove: Brooks/Cole Publishing Company.
Labolo, Muhadam. (2013). Memahami Ilmu Pemerintahan: Suatu Kajian, Teori, Konsep, dan Pengembangannya. Depok: PT Rajagrafindo Perkasa.
Narwoko, Dwi J; Bagong. (2011). Sosiologi: Teks Pengantar & Terapan. Jakarta. Predana Media Group.
Nazsir, Nasrullah. (2008). Sosiologi Kajian Lengkap Konsep dan Teori Sosiologi
Sebagai Ilmu Sosial. Bandung: Widya Padjadjaran.
Prijana. (2005). Metode Sampling Terapan. Jakarta. Humaniora.
Rakhmat, Jalaludin. (2009). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya Offset-Bandung.
Siegel. (1997). Statistik Nonparametrik untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. (1989). Metode Penelitian Survey. Jakarta. PT. Pustaka LP3S Indonesia.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. C.V. Alfabeta.
Tan, Alexis. (1981). Mass Communication Theoris in Research. USA: Grid.
Venus, Antar. (2009). Manajemen Kampanye. Bandung. Simbiosa Rekatama Media.