STRATEGI KAMPANYE POLITISI PEREMPUAN KAROLIN MARGRET NATASA DI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN AWARENESS PEMILIH
Universitas Negeri Jakarta
Indonesia
Universitas Negeri Jakarta
Indonesia
Abstract
Dalam kancah perpolitikan Indonesia, perempuan memiliki partisipasi yang semakin meningkat. Politisi perempuan yaitu Karolin Margret Natasa yang juga sebagai dokter sekaligus mantan anggota komisi IX DPR RI pada 2009-2014 pemilihan daerah dari Kalimantan Barat berhasil terpilih menjadi Bupati Landak pada periode 2017-2020. Karolin adalah anak dari Gubernur Kalimantan. Selain parasnya yang cantik Karolin juga aktif dalam organisasi. Ia adalah perempuan pertama yang menjabat sebagai ketua umum dalam organisasi pemuda Katolik. Kemunculan Karolin sebagai Bupati Landak meningkatkan partisipasi politisi perempuan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi kampanye yang dilakukan Karolin di media sosial dalam meningkatkan awareness pemilih. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata responden setuju dengan strategi kampanye Karolin di media sosial dalam meningkatkan awareness pemilih.
Keywords
References
Abdullah, E. (2014). Inilah Rahasia Karolin Margret Natasa Meraih Suara Terbanyak dalam Pileg 2014-2019. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/171717/54f7470ea33311c86c8b4867/inilah-rahasia-karolin-margret-natasa-meraih-suara-terbanyak-dalam-pileg-20142019
Anshari, F. (2013). Komunikasi Politik di Era Media Sosial Faridhian Anshari Staff Pengajar STT PLN Jakarta. Jurnal Komunikasi, 8(1), 91–101.
Ardha, B. (2014). Social Media sebagai media kampanye partai politik 2014 di Indonesia. Visi Komunikasi, 13(1), 105–120.
Arindita, R., & Hartanto, H. P. (2018). Political Marketing Politisi Perempuan di Media Sosial (Analisis Retorika Publik pada Akun Instagram @ puti _ soekarno). Journal Acta Diurna, 14(2), 120–141.
Astuti, K. (2017). 13 Perempuan Terpilih di Pilkada 2017, Siapa Saja? Republika.Co.Id. https://www.republika.co.id/berita/nasional/pilkada/17/02/22/olr0oz382-13-perempuan-terpilih-di-pilkada-2017-siapa-saja
hariyani. (2015). Jurnal Ilmiah Komunikasi. Jurnal Ilmiah Komunikasi, 6(1), 31–45. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/jikm.6.1.31-45
MABRUR ALAM. (2014). STRATEGI PEMENANGAN ANGGOTA LEGISLATIF PEREMPUAN TERPILIH DALAM PEMILIHAN LEGISLATIF 2014 ( STUDI PADA KANTOR DPRD KOTA MAKASSAR). Implementation Science, 39(1), 1–15. https://doi.org/10.4324/9781315853178
Pratnyawan, A. (2019). Pengguna Instagram dan Facebook Indonesia Terbesar ke-4 di Dunia. Suara.Com. https://www.suara.com/tekno/2019/06/19/133252/pengguna-instagram-dan-facebook-indonesia-terbesar-ke-4-di-dunia
Ratnamulyani, I. A., & Maksudi, B. I. (2018). Peran Media Sosial Dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemula Dikalangan Pelajar Di Kabupaten Bogor. Sosiohumaniora, 20(2), 154–161. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v20i2.13965
Rojihah, Lusy Asa Akhrani, N. H. (2015). PERBEDAAN POLITICAL AWARENESS DILIHAT DARI PERAN GENDER PEMILIH PEMULA. JURNAL MEDIAPSI, 1(1), 59–66. https://doi.org/10.1377/hlthaff.2013.0625
Sagala, O., Astrika, L., & Fitriyah. (2016). Strategi Kampanye Calon Legislatif Perempuan Menjelang Pemilihan Legislatif 2014 di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 2(2), 330–360.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Alfabeta.
Suherman, A. (2019). Strategi Marketing Politik Anggota Legislatif Perempuan Marketing Policy Strategy for Members of Legislative Women in the 2014 Election in the City of. II(36), 11–21.
Yanto. (2014). STRATEGI KAMPANYE POLITIK CALON ANGGOTA LEGISLATIF INCUMBENT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH DALAM MENGHADAPI PEMILU LEGISLATIF 2014 (Studi Kasus Partai Golkar di Kabupaten Mukomuko). Jurnal Unived, 1(2), 1–15. https://doi.org/10.4324/9781315853178