PENGARUH REVIEW PRODUK DAN BRAND AWARENESS TERHADAP TRUST DAN MINAT BELI: STUDI KASUS REVIEW FLOW FUSHI ION DE CUSHION OLEH ALLYSSA HAWADI MELALUI INSTAGRAM
Marketing Communication, London School of Public Relations
Indonesia
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adakah pengaruh review produk dan brand awareness terhadap trust dan minat beli pada studi kasus review flow fushi ion de cushion yang dilakukan oleh Allyssa Hawadi melalui instagram. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada followers instagram Allyssa Hawadi sebagai sampel, dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisa menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) dengan software LISREL 8.70. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa review produk, brand awareness dan trust adalah faktor-faktor yang berhubungan dengan minat beli pelanggan, dimana untuk faktor hasil review berpengaruh terhadap trust tapi tidak mempengaruhi minat beli. Sedangkan brand awareness tidak mempengaruhi trust, namun kedua faktor tersebut berpengaruh terhadap minat beli. Sehingga sebaiknya gambar dan kelengkapan detil pada review, kesadaran pada merek, dan kejujuran dalam review perlu ditingkatkan kembali.
Keywords
References
Adji, J. (2014). “Pengaruh Satisfaction dan Trust terhadap Minat Pembelian di Starbucks. The Square Surabaya.” Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1-10
Agusli, D. (2013). “Analisa Pengaruh Dimensi Ekuitas Merek terhadap Minat Beli Konsumen Midtown Hotel Surabaya.” Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1-8
Ambarwati, M. (2015). “Pengaruh Citra Merek terhadap Minat Beli (Survei pada Mahasiswa Universitas Brawijaya yang Menggunakan Pasta Gigi Pepsodent).” Jurnal Administrasi Bisnis, 25(1)
APJII. (2016). “Infografis Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia.” Diperoleh dari: http://www.apjii.or.id
Bates, D. (2012, Maret 22). “Customer Reviews Increasingly Important for Online Retailers.” Diperoleh dari: https://www.firstatlanticcommerce.com/news/customer-reviews-increasingly-important-for-online-retailers/
Belch, G. E., & Belch, M. A. (2015). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective. New York: McGraw-Hill.
Chi, H. K., Yeh, H. R., & Yang, Y. T. (2009). “The Impact of Brand Awareness on Consumer Purchase Intention: The Mediating Effect of Perceived Quality and Brand Loyalty.” The Journal of International Management Studies, 4(1), 135-144.
Eliasari, P. R. A., & Sukaatmadja, I. P. G. Pengaruh Brand Awareness terhadap Purchase Intention Dimediasi oleh Perceived Quality dan Brand Loyalty.
Farki, A., & Baihaqi, I. (2016). “Pengaruh Online Customer Review dan Rating terhadap Kepercayaan dan Minat Pembelian pada Online Marketplace di Indonesia.” Jurnal Teknik ITS, 5(2), A614-A619.
Ferrinadewi, E. (2013). Merek dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Goldsmith, R. E., Lafferty, B. A., & Newell, S.J. (2000). “The Impact of Corporate Credibility and Celebrity Credibility on Consumer Reaction to Advertisements and Brands.” Journal of Advertising, 29(3), 43-54.
Griffin, Em. (2012). A First Look at Communication Theory. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
Hu, N., Liu, L., & Zhang, J. J. (2008). “Do Online Reviews Affect Product Sales? The role of Reviewer Characteristics and Temporal Effects.” Information Technology and management, 9(3), 201-214.
Husein, U. (2011). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Instagram @allyssahawadi. (2017). Diperoleh dari: https://www.instagram.com/allyssahawadi/
Instagram @makeupshoppies. (2017). Diperoleh dari: https://www.instagram.com/makeupshoppies/
Kassim, N., & Asiah Abdullah, N. (2010). “The Effect of Perceived Service Quality Dimensions on Customer Satisfaction,Trust, and Loyalty in E-commerce Settings: A Cross Cultural Analysis.” Asia Pacific Journal of Marketing And Logistics, 22(3), 351-371
Keller, K. L. (2012). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Kristo, F, Y. (2015, Juni 15). “Kevin Systrom, Pencipta Instagram yang Bikin Keder Facebook”. Diperoleh dari: https://inet.detik.com/cyberlife/d-2942256/kevin-systrom-pencipta-instagram-yang-bikin-ltigtkederltigt-facebook
Lackermair, G., Kailer, D., & Kanmaz, K. (2013). “Importance of Online Product Reviews from a Consumer's Perspective.” Advances in Economics and Business, 1(1), 1-5.
Latan, H. (2013). Structural Equation Modeling. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Littlejohn, S. W. and Foss, K. A. (2009). Encycloperdia of Communication Theory. California: SAGE Publication, Inc.
Lim, X. J., Cheah, J. H., & Wong, M. W. (2017). “The Impact of Social Media Influencers on Purchase Intention and the Mediation Effect of Customer Attitude.” Asian Journal of Business Research, 7(2), 19.
Lin, L. Y., & Lu, C. Y. (2010). “The Influence of Corporate Image, Relationship Marketing, and Trust on Purchase Intention: the Moderating Effects of Word-of-Mouth.” Tourism Review,65(3), 16-34.
LinkedIn Allyssa Hawadi. (2017). Diperoleh dari: https://www.linkedin.com/in/allyssa-hawadi-98830775/
Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: Alfabeta.
Rangkuti, F. (2009). The Power of Brands. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Utama, R. M. F. (2014). “Pengaruh Kepercayaan Pelanggan terhadap Word Of Mouth, Niat Beli dan Retensi Pelanggan Gerai Indomaret Di Surabaya.” Journal of Business & Banking, 4(1), 31-42.
Siregar, S. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana
Subagyo, A. (2010). Marketing In Business. Jakarta: Mitra Wacana Media
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tulasi, D. (2012). “Marketing Communication dan Brand Awareness.” Humaniora, 3(1), 215-222.
Wijanto, S. H. (2015). Metode Penelitian Menggunakan Structural Equation Modeling dengan LISREL 9. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Wijaya, T. (2014). “Pengaruh Electronic Word of Mouth (EWoM) terhadap Keputusan Pembelian Kamera DSLR.” Doctoral Dissertation, Program Studi Manajemen FEB-UKSW
Yamin, S. (2014). Rahasia Olah Data Lisrel. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.