CYBERBULLYING ATTACKS ON SOCIAL MEDIA: DO THEY CHANGE SELF CONCEPT ?

Fitriani Fitriani
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
Indonesia
Nuke Farida
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
Indonesia
Ocvita Ardhiani
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbandingan pengaruh cyberbullying pada media sosial facebook  dan instagram terhadap konsep diri.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif. Penyebaran kuesioner dilakukan terhadap masing-masing 100 responden pada pengguna aktif media sosial facebook dan instagram yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori uses and effect. Adapun besaran pengaruh cyberbullying pada facebook terhadap konsep diri adalah 19,5% dan pada instagram sebesar 16,8% terhadap konsep diri. Terdapat bentuk cyberbullying yang berbeda antara pengguna facebook dan instagram. Bentuk cyberbullying pada pengguna facebook  lebih banyak pada perilaku impersonation, sedangkan bentuk cyberbullying pada pengguna instagram lebih banyak pada perilaku outing and trickery. Penelitian ini menunjukkan bahwa semakin remaja mengalami cyberbullying pada facebook dan instagram maka konsep diri semakin positif. Kontribusi penelitian ini sebagai sumbangsih wawasan literasi media dalam penggunaan media sosial terkait dampak cyberbullying antara media sosial facebook dan instagram terhadap konsep diri penggunanya.

Keywords
Cyberbullying, Facebook, Instagram, Konsep Diri
References

APJII. Ansari, C dkk. (2016). Polling indonesia: Infografis penetrasi & perilaku pengguna internet indonesia. Jakarta: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.

Bhat, Christine Suniti. (2008). Cyber bullying: overview and strategis for shool consellors, guidance officer, and all personnel. Australian Journal of Guidance & Conselling Volume 18, pp 53-66.

Corcoran, Lucie; Irene Connolly and Mona O’Moore. 2012. Cyberbullying In Irish Schools: An Investigation Of Personality And Self-Concept. The Irish Journal of Psychology Vol. 33, No. 4, December 2012, 153165.

Farizi, Angger Bayu Muhammad. 2016. Hubungan Konsep Diri Dengan Intensitas Cyberbullying Pada Siswa Kelas XI SMA Dharma Wanita Surabaya. Skripsi. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.

Griezel, Lucy; Rhonda G. Craven; Alexander Seeshing Yeung; and Linda R. Finger. 2008. Elucidating the Effects of Traditional and Cyber Bullying Experiences on Multidimensional Self-Concept Domains. Paper presented at the Australian Association for Research in Education, Brisbane.

Hines, Heather Nicole. 2011. Traditional Bullying And Cyber-Bullying: Are The Impacts On Self-Concept The Same?. Thesis. Western Carolina University Cullowhee: North Carolina.

Hurlock, E.B. (2003). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Nation, M., Vieno, A., Perkins, D. D., & Santinello, M. 2007. Bullying in school and adolescent sense of empowerment: An analysis of relationship with parents, friends, and teachers. Journal of Community & Applied Social Psychology, Vol 10 No.(3),hal 115-127.

Pratiwi, Maulida Disa. (2011). Faktor-faktor yang mempengaruhi cyberbullying

pada remaja. Diakses dari http://www.scribd.com/doc/106227383/FaktorFaktor-Yang-Mempengaruhi-Cyberbullying. pada tanggal 29 November 2013, Jam 12:45 WIB.

Sanjaya, Abi Surya. 2014. Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Dan Konsep Diri Terhadap Perilaku Cyberbullying Siswa Program Keahlian Elektronika Industri Smk Negeri 3 Wonosari. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Setyawati, Indah. 2016. Pengaruh Cyberbullying Di Media Sosial Ask.Fm Terhadap Gangguan Emosi Remaja (Studi Pada Siswa- Siswi Sman 10 Bandarlampung). Universitas Lampung.

Sejiwa (Yayasan Semai Jiwa Amini). 2008. Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta : PT. Grasindo.

www.alexa.com.

Information
PDF
2031 times PDF : 1561 times