THRIFTING SEBAGAI REPRESENTASI GAYA HIDUP GENERASI Z: PERSPEKTIF INTERAKSI SIMBOLIK
Institut Bisnis dan Komunikasi Swadaya
Indonesia
Institut Bisnis dan Komunikasi Swadaya
Indonesia
Institut Bisnis dan Komunikasi Swadaya
Indonesia
Institut Bisnis dan Komunikasi Swadaya
Indonesia
Abstract
Keywords
References
Amelia, K. T., Tazid, A., Nafisah, K., Nisa, F., & Akbar, B. W. (2024). Praktik Thrifting Pada Kalangan Masyarakat Kelas Atas Konsumen Jombang Thrift Style. Journal of Public Power, 8(2), 64–78. https://doi.org/10.32492/jpp.v8i2.8201
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). Sage Publications.
Goodstats. (2023). Ada 49, 4% masyarakat Indonesia pernah melakukan thrifting. [Online]. https://data.goodstats.id/statistic/ada-494-masyarakat-indonesia-pernah-melakukan-thrifting-sP7wi
Guest, G., Namey, E. E., & Mitchell, M. L. (2020). Collecting Qualitative Data: A Field Manual for Applied Research. SAGE Publications.
Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif. In Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 5, Issue 1).
Haryanti, I., & Falah, A. M. (2023). Fenomena Thrifting Sebagai Fashion Lifestyle: Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 11(2), 205–221. https://doi.org/10.26742/atrat.v11i2.3188
Ibrahim, R., Bumulo, S., & Apajulu, S. (2024). Fenomena Thrifting Fashion di Era Milenial ( Studi pada Mahasiswa Pengguna Thrifting Fashion di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo The Phenomenon of Thrifting Fashion in the Millennial Era ( A Study on University of Gorontalo Faculty of Soc. 1(c), 136–145.
Lestari, F. D., & Setiadarma, D. (2024). Belanja Online Gen Z: Ditinjau Dari Daya Tarik Iklan Dan Celebrity Endorser. Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 34–47. https://doi.org/10.35760/mkm.2024.v8i1.11081
Littlejohn, Stephen; Foss, K. A. (2009). Teori Komunikasi (9th ed.). Salemba Humanika.
Littlejohn, S., & Foss, K. A. (2022). Ensiklopedia Teori Komunikasi. Kencana Prenada Media Group.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.
Mulyana, D. (2022). Pengantar Komunikasi (2nd ed.). Gramedia.
Neuman, W. (2016). Metode Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif (B. Sarwiji (ed.); 7th ed.). Indeks.
Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research and Evaluation Methods (4th ed.). Sage Publications.
Rahman, B. A., Agustini, & Hasbiyah, D. (2024). Fashion Esensial Trend Thrifting Mahasiswa Perguruan Tinggi Bogor dengan Analisis Peirce. Karimah Tauhid, 3(4), 4570–4583. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12704
Syafitri, C. Z. L. (2025). Peran Media Sosial dalam Mempengaruhi Kesadaran Konsumtif Generasi Z melalui Tren Thrifting sebagai Gaya Hidup Berkelanjutan. PROMEDIA, 11(1), 247–286.
Undiksha. (2023). Kebijakan Larangan Impor Pakaian Bekas dan Dampaknya bagi UMKM. Researchgate. https://www.researchgate.net/publication/387966954_Dampak_Kebijakan_Larangan_Impor_Pakaian_Bekas_Thrift_terhadap_Industri_Tekstil_Lokal_di_Indonesia
West R. & Turner LH. (2021). Introducing Communication Theory: Analysis and Application. (seventh). McGraw-Hill.
Wulansari, T. (2025). Fenomena-thrifting-jadi-gaya-hidup-berkelanjutan. In rri.co.id. https://rri.co.id/hobi/1688237/fenomena-thrifting-jadi-gaya-hidup-berkelanjutan