KONSTRUKSI CANTIK AKUN INSTAGRAM @anak.upi.cantik DAN @unpad.geulis

Tyas Kasusilaningrum
Institute of Business and Communication Swadaya (SWINS)
Indonesia
Vinnawaty Sutanto
Institute of Business and Communication Swadaya (SWINS)
Indonesia

Abstract

Perempuan mendapat berbagai gambaran tentang fisik atas kondisi tubuhnya, salah satunya adalah gambaran indah, yang biasanya didasarkan pada penilaian tubuh perempuan ideal. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui bagaimana membuat akun cantik, bagaimana pengelolaan akun, dan bagaimana konstruksi cantik di dalam akun instagram. Sebagai subjek penelitian terdiri dari admin, followers, dan mahasiswa yang foto diunggah ke akun @anak.upi.cantik dan @unpad.geulis. Secara kualitatif, analisis hasil penelitian dilakukan dengan memetakan dan mendeskripsikan proses pengumpulan data (1) Pembentukan akun cantik yang didukung oleh sistem dan distribusi media sosial yang mudah dan adanya "keisengan" untuk mengangkat kecantikan perempuan di media(2) Pemilihan foto dalam akun didasarkan atas rekomendasi melalui Mention, Hastag (#), dan DM (Dirrect Message) instagram. (3) Konstruksi cantik pada akun @anak.upi.cantik dan @unpad.geulis pada media sosial instagram kecantikan fisik dan penampilan luar perempuan yang meliputi aspek  fashionable, photogenic, dan dalam gaya foto yang meliputi selfie, close up, candid.

Keywords
konstruksi; cantik; peremuan; media sosial; instagram
References

Atmoko Dwi, B. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Media Kita.

Azwar, S. (2010). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar.

Berger, P. L., & Luckmann, T. (1973). The Social Construction of Reality: A Treatise in the Sociology of Knowledge. Penguin Books.

Budi Hapsari, A., & Sukardani, P. S. (2018). Representatif Konsep Kecantikan Permpuan Di Era Millenials Melalui Beauty Influencer Pada Media Sosial Instagram (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Akun Instagram @sarahayuh_, @abellyc, dan @rachgoddard). Commercium, 2(2), 59–62.

Budiman, A. (1985). Pembagian Kerja Secara Seksua. Gramedia.

Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. PT Pustaka Pelajar.

Efianingrum, A. (2008). pendidikan dan Pemajuan Perempuan : Menuju Keadilan Gender*. Fondasia, المجلد 49.

Flew, T. (2008). New Media: An Introduction (3rd ed.). Oxford University Press.

Gamble, S. (2010). Pengantar Memahami Feminisme dan Postfeminisme. Jalasutra.

Garcia, G., & Winduwati, S. (2023). Representasi Standar Kecantikan Wanita di Media Sosial Instagram @springsummerstyle. Koneksi, 7(1), 248–255. https://doi.org/10.24912/kn.v7i1.21313

Gerungan W.A. (2004). Psikologi Sosial. Refika Aditama.

Kamila, N. M., Diarta, A. A., & Nuranisa, S. D. (2023). Persepsi Pengguna Media Sosial Terhadap Konten Informasi Mental Health (Studi Kasus Pada Platform Satupersen). Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 134–147. https://doi.org/10.35760/mkm.2023.v7i2.9131

Longhofer, W., & Winchester, D. (2016). Social theory re-wired: New connections to classical and contemporary perspectives: Second edition. Social Theory Re-Wired: New Connections to Classical and Contemporary Perspectives: Second Edition, 1–541. https://doi.org/10.4324/9781315775357

Mansour, F. (2010). Analisis Gender Dan Transformasi Sosial. Pustaka Pelajar.

Mursal, M. A., Murdiana, S., & Ismail, I. (2023). Hubungan Citra Tubuh dengan Kepercayaan Diri pada Remaja Berhijab. Journal of Correctional Issues, 6(2).

Pratami, V. T., Nuryani, R., & Lindasari, S. W. (2023). Tingkat Kepercayaan Diri Pada Wanita Dewasa Awal Dengan Adanya Tren Beauty Privilege. Jurnal Keperawatan, 15(3), 1101–1108.

Sarwono, S. W. & E. A. M. (2009). Psikologi Sosial. Salemba Humanika.

Tilaar, M. (1999). Kecantikan Wanita Timur. Indonesia Tera.

Winarni, R. W. (2010). Representasi Kecantikan Perempuan Dalam Iklan. Deiksis, 2(2), 134–152.

Yuliani, R., Adji, M., & Saleha, A. (2022). Mitos dan Konstruksi Kecantikan yang Dibangun dalam Iklan Jepang SK II “Bareskin Chat”: Analisis Kajian Semiotika Barthes & Wolf. Izumi, 11(2), 113–122. https://doi.org/10.14710/izumi.11.2.113-122

Information
PDF
188 times PDF : 113 times