ANALISIS KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA AKMRTV JAKARTA MELALUI SECOND ACCOUNT PADA INSTAGRAM

Feby Nabiilah
Akademi Komunikasi Media Radio dan TV Jakarta
Indonesia
Karina Jayanti
Akademi Komunikasi Media Radio dan TV Jakarta
Indonesia

Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Kepercayaan Diri Mahasiswa AKMRTV Jakarta melalui Second Account Pada Instagram”, dimana tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepercayaan diri seorang individu khususnya mahasiswa dalam penggunaan second account pada Instagram. Penelitian ini menggunakan Teori Dramaturgi dari Erving Goffman. Menurut teori ini, seorang individu dalam kehidupannya memiliki apa yang disebut dengan panggung depan (front stage) dan panggung belakang (back stage). Penelitian ini juga menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kepercayaan diri seorang mahasiswa meningkat dalam menggunakan second account Insatgram. Second account dijadikan sebagai wadah mereka dalam kebebasan berekspresi di sosial media Instagram-nya. Hal ini dikarenakan mereka merasa nyaman dan tak perlu ada rasa khawatir ketika memposting keseharian mereka, karena followers pada second account merupakan orang-orang terdekat.
Keywords
Instagram; Second Account; Dramaturgi; Kepercayaan Diri
References

Anggraini. Dina Juniar, Wahyu Rahardjo. 2022. Pengaruh Kecerdasan Emosi dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Berprestasi. Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 6 No 2 Desember 2022.

Aqilla, Ratih Hasanah Sudrajat. 2022. Analisis Citra Diri Pada Penggunaan Second Account Aplikasi Instagram

Ayuni. Khairuniza Nur Qurota, Karina Jayanti, Nuke Farida. 2023. Pengaruh Konten Vlog Reizuka Ari “A Day In My Life” di Tiktok Terhadap Kepercayaan Diri Followersnya. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol 13 No. 2 September 2023.

Fatimah, E. (2006). Psikologi perkembangan : perkembangan peserta didik. Bandung : Pustaka Setia

Flew, Terry. 2014. New Media Fourth Edition. Oxford University Press.

Goffman, Erving. 1959. The Presentation of Self in Eferyday Life. Garden City, New York: Double Day

Johnson, Doyle Paul. Teori Sosiologi Klasik dan Modern (Jakarta: PT: Gramedia Pustaka Utama, 1990),165.

Lauster, P. 1990. Tes Kepribadian. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Lauster, P. 2003. Tes Kepribadian (alih bahasa: D.H. Gulo). Jakarta: PT. Bumi Aksara

Maulana, Ridho. 2022. Penerapan Ilmu Desain Komunikasi Visual Pada Rumah Produksi Makromedia Visual Creative.

McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi. Jakarta : Salemba Humanika.

Moleong, L. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya

Mulyana, Dedi. 2002. Analisis Framing .Yogyakarta: LKIS.

Mulyana, Dedi. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Puntoadi, D. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Rahayu, Marleni. 2021. Dramaturgi Dalam Social Media : Penggunaan Second Account di Instagram Pada Kalangan Mahasiswa/I Forum Studi Islam (FSI) Universitas Islam Riau.

Rakhmat, Jalaluddin. (2008). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ready, A. (2016, Februari). "Penggunaan New Media Online Sebagai Sumber Informasi Akademik Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau". JOM FISIP, Vol. 3 No. 1.

Wanodya, Jita. 2019. Interaksi Sosial di Media Sosial Dalam Perspektif Dramaturgi (Studi Kasus Penggunaan Whatsapp dan Instagram Kelompok Ibu-Ibu Seven Squad Di SD Ruhama)

Information
PDF
288 times PDF : 126 times