ANALISIS STRATEGI PENANGGULANGAN KRISIS BRAND BAKSO A-FUNG PADA PEMBERITAAN KANAL BERITA ONLINE

Wian Rahmat Erya
Magister Ilmu Komunikasi Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung
Indonesia
Annisa Dwi Kurnia
Magister Ilmu Komunikasi Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung
Indonesia
Iin Avitasari
Magister Ilmu Komunikasi Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung
Indonesia
Harno Harno
Magister Ilmu Komunikasi Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung
Indonesia
Hairani Heryadi
Magister Ilmu Komunikasi Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung
Indonesia

Abstract

Krisis adalah kondisi sulit bagi sebuah organisasi atau perusahaan yang tidak dapat dihindari kapan datang dan seperti apa bentuk krisis tersebut. Praktik komunikasi krisis yang efektif, dilakukan oleh manajemen bakso A-fung dalam melakukan respon terkait pemberitaan viral yang terjadi memberikan gambaran bahwa penanganan krisis diperlukan langkah yang sistematis dalam proses pelaksanannya. Pada penelitian ini peneliti bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi management bakso A-fung dalam melaksanakan respon kejadian yang terjadi pada salah satu kedainya di bali. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan Teknik analisis berita framing dari beberapa kanal pemberitaan digital online yang merilis dan membahas terkait bagaimana respon manajemen A-fung dalam kasus tersebut. Hasil pada penelitian ini diperoleh dari beberapa framing media online disimpulkan bahwa manajemen bakso A-fung melakukan respon terhadap krisis yang tepat dan efektif dalam menghadapi pemberitaan viral terkait brand tersebut. Untuk menjaga kondisi dan mengembalikan kepercayaan konsumen yang tidak hanya merespon dan mengklarifikasi kasus yang ada, namun juga turut berperan aktif dalam melakukan langkah aksi nyata yang kemudian menjadi viral kembali pada pemberitaan kanal digital online

 

Keywords
Komunikasi Krisis; Manajemen Krisis; Bakso A-fung; Framing Berita Online
References

Deswita, M., & Nurrahmawati, N. (2015). Strategi Manajemen Krisis Public Relations (PR) PT Pos Indonesia (Persero). Prosiding Penelitian SPeSIA 2015.

Hidayat, D. (2002). Metodologi Penelitian dalam Sebuah Multi-Paradigm Science. Mediator: Jurnal Komunikasi, 3(2), 197–220.

Ikbar, Y. (2012). Metode Penelitian Kualitatif: Panduan Membuat Tugas Akhir/Karya Ilmiah. PT. Refika Aditama.

Lovitha, F. (2023, July 26). Analisis Strategi Pencegahan Krisis Bakso Afung Setelah Kontroversi Kerupuk Babi. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/lovth/64c0b67c08a8b56fda611832/analisis-strategi-pencegahan-krisis-bakso-afung-setelah-kontroversi-kerupuk-babi

Nova, F. (2009). Crisis Public Relations. PT. Raja Grafindo Persada.

Prawira, A. E. (2023, July 18). Viral Jovi Adhiguna Makan Bakso A Fung Campur Kerupuk Babi, Warganet: Bikin Overthinking Makan di Luar. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/health/read/5347085/viral-jovi-adhiguna-makan-bakso-a-fung-campur-kerupuk-babi-warganet-bikin-overthinking-makan-di-luar?page=3

Rahardjo, M. (2018). Paradigma Interpretif.

Information
PDF
997 times PDF : 975 times