gambar
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi

Jurnal ini diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun, Juni dan Desember. Jurnal memuat artikel ilmiah hasil penelitian di bidang komunikasi secara luas, yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Jurnal ini diterbitkan oleh Bagian Publikasi Universitas Gunadarma.

Mediakom: Jurnal Ilmu Komunikasi terakreditasi Peringkat 3 (SINTA 3) RISTEKDIKTI.

This journal is published periodically twice a year, June and December. It publishes a broad range of research articles on communication, both in Indonesian Language and English. This journal is published by Bagian Publikasi Universitas Gunadarma. All articles submitted to Mediakom: Jurnal Ilmu Komunikasi are free of charge, with no submission or publication fees.

Mediakom: Jurnal Ilmu Komunikasi is Nationally Accredited by DIKTI with ranking of SINTA (S3).

Imposition of Publication Fees per December 2025
Starting from the December 2025 edition, Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi will be charged a fee of Rp 1,000,000.00 (1 million rupiah) for each 'accepted' article.

Posted: 2025-08-28

More Announcements...
 
 

Vol 9, No 1 (2025)

Table of Contents

Front Matter

Front Matter Mediakom: Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol. 9 No 1, Juni 2025

 

Download PDF

Articles

MERANGKUL INOVASI: MAKNA ADOPSI ARTIFICIAL INTELEGENCE DALAM PRAKTIK KEHUMASAN PROFESIONAL

Herna Herna(1*); Widiastiana Vista Wijaya(2);



(1) Universitas Gunadarma
(2) Universitas Gunadarma
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35760/mkm.2025.v9i1.14568
270 times Page 1-19

Download PDF
KONSTRUKSI IDENTITAS SOSIAL GENERASI Z MELALUI INTERAKSI DENGAN CHATGPT

Salim Salim(1*); Rahmadiana Rahmadiana(2); Rifaldi Zibran(3); Nurul Fajriah(4);



(1) Institut Bisnis dan Komunikasi Swadaya
(2) Institut Bisnis dan Komunikasi Swadaya
(3) Institut Bisnis dan Komunikasi Swadaya
(4) Institut Bisnis dan Komunikasi Swadaya
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35760/mkm.2025.v9i1.14458
251 times Page 20-34

Download PDF
MODAL SIMBOLIS DAN KEKERASAN SIMBOLIK: KOMERSIALISASI ISLAMOPHOBIA OLEH AKUN INSTAGRAM @PERMADIAKTIVIS2

Didi Rosadi(1*); Aminah Swarnawati(2); Makroen Sanjaya(3);



(1) Universitas Muhammadiyah Jakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Jakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Jakarta
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35760/mkm.2025.v9i1.13887
49 times Page 35-49

Download PDF
IMPLEMENTASI CONTENT CREATOR SANTRI DIFABEL DITINJAU MELALUI INTERPERSONAL RELATION ORIENTATION DAN SELF MOTIVATION

Yeni Nuraeni(1*); Sugiharti Binastuti(2); Diana Sari(3); Ashur Harmadi(4); Christiana Wulandari(5);



(1) Universitas Gunadarma
(2) Universitas Gunadarma
(3) Universitas Gunadarma
(4) Universitas Gunadarma
(5) Universitas Gunadarma
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35760/mkm.2025.v9i1.14278
13 times Page 50-65

Download PDF
TREND PENELITIAN DIGITAL ADVERTISING AGENCY, ANALISIS BIBLIOMETRIK DENGAN VOSVIEWER

Reza Zulfiqar Rivalda(1*); Fajar Junaedi(2);



(1) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35760/mkm.2025.v9i1.14635
34 times Page 66-83

Download PDF
ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA REPUBLIK INDONESIA DALAM MEWUJUDKAN ANALOG SWITCH OFF (ASO) DI INDONESIA

Yeremia Yori Rudito(1*); Edy Prihantoro(2);



(1) Gunadarma University
(2) Gunadarma University
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35760/mkm.2025.v9i1.15034
45 times Page 84-99

Download PDF
STRATEGI REDAKSI BERITA RISET DAN INOVASI PADA WEBSITE PPID BRIN

Reni Fitriani(1*); Riyan Dermawan(2);



(1) Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
(2) Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35760/mkm.2025.v9i1.15053
32 times Page 100-115

Download PDF
THRIFTING SEBAGAI REPRESENTASI GAYA HIDUP GENERASI Z: PERSPEKTIF INTERAKSI SIMBOLIK

Vinnawaty Sutanto(1*); Irlisa Setyowati(2); Rizka Rizka(3); Hanifah Hanifah(4);



(1) Institut Bisnis dan Komunikasi Swadaya
(2) Institut Bisnis dan Komunikasi Swadaya
(3) Institut Bisnis dan Komunikasi Swadaya
(4) Institut Bisnis dan Komunikasi Swadaya
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35760/mkm.2025.v9i1.15067
63 times Page 116-129

Download PDF