SIMULASIDAN OPTIMASI ANTRIAN PELAYANAN AGEN JNE BUARAN
Abstract
PT. JNE (Jalur NugrahaEkakurir) adalahmerupakan perusahaanyang bergerak
dalam bidang jasa pengiriman dan logistik. PT. JNE memiliki banyak cabang agen
yang tersebar di seluruh Indonesia, salah satunya yaitu agen Buaran diJakarta Timur.
Adanya permasalahan klasik yaitu antrian,masih menjadi masalah yangtidak
terselesaikan. Masalah antrian biasanya terjadi saat-saat jam sibuk. Tujuan dari paper
ini adalah menentukan jumlah pegawai/server yang dibutuhkan dan jumlah
bangku/tempat duduk yang diperlukan sehingga rerata waktu tunggu antrian menjadi
minimal pada waktu sibuk dan rerata banyaknya pengantri menjadi minimal pada
waktu sibuk dimana utilitasdari masing-masing server lebih dari atau sama dengan 70
persen. Dari hasil simulasi yang telah dilakukan dengan menggunakan software arena,
dapatdisimpulkan bahwa skenario terbaik adalah skenario pertama, dimana terdapat
9 tempat duduk untuk pengantri,4 tempat duduk untukpelayanandan 4
pegawai/server.
dalam bidang jasa pengiriman dan logistik. PT. JNE memiliki banyak cabang agen
yang tersebar di seluruh Indonesia, salah satunya yaitu agen Buaran diJakarta Timur.
Adanya permasalahan klasik yaitu antrian,masih menjadi masalah yangtidak
terselesaikan. Masalah antrian biasanya terjadi saat-saat jam sibuk. Tujuan dari paper
ini adalah menentukan jumlah pegawai/server yang dibutuhkan dan jumlah
bangku/tempat duduk yang diperlukan sehingga rerata waktu tunggu antrian menjadi
minimal pada waktu sibuk dan rerata banyaknya pengantri menjadi minimal pada
waktu sibuk dimana utilitasdari masing-masing server lebih dari atau sama dengan 70
persen. Dari hasil simulasi yang telah dilakukan dengan menggunakan software arena,
dapatdisimpulkan bahwa skenario terbaik adalah skenario pertama, dimana terdapat
9 tempat duduk untuk pengantri,4 tempat duduk untukpelayanandan 4
pegawai/server.