KAJIAN IMPLEMENTASI E-LEARNING BERDASARKAN TINGKAT KESIAPAN PESERTA E-LEARNING
Abstract
Implementasi sistem e-learning banyak dilakukan di beberapa institusi termasuk
FPMIPA UPI. Evaluasi dan pengukuran kesiapan peserta e-learning pun mulai
banyak dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkombinasikan empat
kategori kesiapan peserta e-learning yang diadopsi dari penelitian-penelitian
sebelumnya sebagai upaya menemukan model pengukuran yang ideal. Keempat
kategori kesiapan merupakan kombinasi dari akses teknologi, keahlian internet
dan komputer, motivasi serta gaya belajar yang kemudian dibuat ke dalam
sebuah model struktural beserta 17 indikator penyusunnya. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan kuesioner online yang dibangun berdampingan
dengan model. Selanjutnya model dikonfirmasi menggunakan teknik analisis
model persamaan struktural dengan jumlah responden 223 orang yang terdiri
dari mahasiswa tingkat tiga dan empat. Dari hasil analisis berbantuan perangkat
lunak analisis SEM didapati bahwa model berhasil divalidasi dan keempat
kategori terbukti memiliki hubungan. Dengan skala pengukuran Aydin dan Tasci
(2005) didapati derajat kesiapan peserta e-learning berada pada tingkat ‘belum
siap namun hanya memerlukan sedikit persiapan untuk e-learning.