ANALISIS PERBANDINGAN SEMANTIK DALAM SISTEM PENCARIAN DAN REKOMENDARI PADA TIGA JEJARING SOSIAL (FACEBOOK, TWITTER DAN LINKEDIN)
Abstract
Pengguna jejaring sosial saat ini sudah melingkupi semua umur, baik generasi
muda ataupun orang dewasa. Jenis-jenis penggunaan jejaring sosial pun sudah
mulai beragam, seperti digunakan untuk berbagi foto, untuk bisnis, pencarian
jodoh, atau sekedar menambah pertemanan. Fitur yang sangat melekat dalam
jejaring sosial adalah fitur pencarian dan pemberian rekomendasi mengenai
hal-hal yang berhubungan dengan bagian dari profil pengguna, seperti
misalnya kesamaan dalam lingkup institusi pendidikan, daerah dan letak
geografis. Pada paper ini kami akan membandingkan metode semantik yang
digunakan dalam fitur pencarian dan rekomendasi pada beberapa situs jejaring
sosial dalam fitur tersebut karena metode semantik yang digunakan setiap
jejaring sosial berbeda. Tujuan akhir dari pembuatan paper ini adalah
menemukan jejaring sosial dengan tingkat keefektivitasan algoritma semantik
yang paling tinggi dan paling efisien.
muda ataupun orang dewasa. Jenis-jenis penggunaan jejaring sosial pun sudah
mulai beragam, seperti digunakan untuk berbagi foto, untuk bisnis, pencarian
jodoh, atau sekedar menambah pertemanan. Fitur yang sangat melekat dalam
jejaring sosial adalah fitur pencarian dan pemberian rekomendasi mengenai
hal-hal yang berhubungan dengan bagian dari profil pengguna, seperti
misalnya kesamaan dalam lingkup institusi pendidikan, daerah dan letak
geografis. Pada paper ini kami akan membandingkan metode semantik yang
digunakan dalam fitur pencarian dan rekomendasi pada beberapa situs jejaring
sosial dalam fitur tersebut karena metode semantik yang digunakan setiap
jejaring sosial berbeda. Tujuan akhir dari pembuatan paper ini adalah
menemukan jejaring sosial dengan tingkat keefektivitasan algoritma semantik
yang paling tinggi dan paling efisien.