Indexing metadata

Analisis Faktor- Faktor Penentu Efektifitas Pemanfaatan Integrasi Meta AI Dalam Sosial Media Whatsapp: Pendekatan Expectation Confirmation


 
Dublin Core PKP Metadata Items Metadata for this Document
 
1. Title Title of document Analisis Faktor- Faktor Penentu Efektifitas Pemanfaatan Integrasi Meta AI Dalam Sosial Media Whatsapp: Pendekatan Expectation Confirmation
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Timoti James Kaway; Universitas Papua; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Ratna Juita; Universitas Papua; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Dedi Iskandar Inan; Universitas Papua; Indonesia
 
3. Subject Discipline(s)
 
3. Subject Keyword(s) Integrasi Teknologi; Kecerdasan Buatan Generatif; Media Sosial; Persepsi Pengguna; Teori Konfirmasi Ekspektasi.
 
4. Description Abstract Penelitian ini mengkaji faktor-faktor yang berkontribusi terhadap integrasi yang efektif dari teknologi Generative Artificial Intelligence  (GenAI) ke dalam penyampaian pesan di media sosial. Meskipun pemanfaatan AI dalam komunikasi digital semakin berkembang, dan banyak digunakan dalam komunikasi digital, kajian yang membahas persepsi pengguna dan faktor-faktor yang mendukung integrasi yang efektif ke dalam pesan media sosial, khususnya melalui pendekatan Konfirmasi Harapan, masih jarang ditemukan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang mempengaruhi keberlanjutan penggunaan GenAI dalam strategi komunikasi media sosial Meta (Instagram, WhatsApp, Messenger) dan menguji hubungan antar variabel Expectation Confirmation Theory  (ECT ) yang diperluas. Penggunaan pendekatan kuantitatif berbasis ECT , data dikumpulkan melalui survei daring terhadap 131 responden dan dianalisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil menunjukkan bahwa Continuance intention memiliki koefisien determinasi tertinggi (R² = 0,464). Perceived Usefulness (R² = 0,41; p < 0,001) dan Satisfaction (R² = 0,38; p < 0,001) berpengaruh langsung dan signifikan terhadap continuance intention, diikuti Perceived Enjoyment (R² = 0,33; p < 0,01) dan Perceived Ease of Use (R² = 0,27; p < 0,05). Temuan ini menekankan pentingnya kesesuaian antara kinerja GenAI dan harapan pengguna dalam menciptakan pengalaman komunikasi digital yang bernilai. Studi ini memberikan wawasan strategis bagi praktisi komunikasi dan pengembang AI untuk memperkuat adopsi teknologi GenAI di ranah media sosial.
 
5. Publisher Organizing agency, location Universitas Gunadarma
 
6. Contributor Sponsor(s) Universitas Papua
 
7. Date (YYYY-MM-DD) 2025-09-09
 
8. Type Status & genre Peer-reviewed Article
 
8. Type Type
 
9. Format File format PDF
 
10. Identifier Uniform Resource Identifier https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/infokom/article/view/14558
 
10. Identifier Digital Object Identifier http://dx.doi.org/10.35760/ik.2025.v30i2.14558
 
11. Source Title; vol., no. (year) Jurnal Ilmiah Informatika Komputer; Vol 30, No 2 (2025)
 
12. Language English=en id
 
14. Coverage Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.)
 
15. Rights Copyright and permissions Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Informatika Komputer
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.