EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA PADA APLIKASI E-LEARNING DI PERGURUAN TINGGI

Amaran Sidhiq
Universitas Gunadarma
Indonesia
Quroyzhin Kartika Rini
Universitas Gunadarma
Indonesia
Ursa Majorsy
Universitas Gunadarma
Indonesia

DOI: http://dx.doi.org/10.35760/ik.2022.v27i3.7640

Article Submitted: 31 December 2022

Article Published: 11 January 2023

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat membuat e-learning banyak digunakan dalam dunia pendidikan, baik itu pendidikan dasar maupun perguruan tinggi. Penggunaan e-learning di perguruan tinggi membuat pembelajaran menjadi lebih fleksibel dikarenakan tidak terbatas ruang dan waktu. keberhasilan e-learning juga sangat bergantung pada pengalaman dan persepsi pengguna terhadap sistem tersebut. Pengalaman pengguna merupakan fenomena luas yang menggambarkan bagaimana LMS dirasakan dan digunakan dalam proses e-learning. Pengalaman pengguna ini juga merupakan hal yang penting untuk memengaruhi proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan melakukan evaluasi pengalaman pengguna pada aplikasi e-learning di salah satu perguruan tinggi swasta. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan skala pengalaman pengguna. Responden penelitian sebanyak 154 mahasiswa, laki-laki dan perempuan, terdiri dari berbagai jurusan dan berada pada tingkat 2-4. Hasil yang didapatkan pengalaman pengguna pada aplikasi e-learning berada dalam kategori sedang yang berarti secara keseluruhan pengalaman pengguna dalam platform lms cenderung terlihat menarik, mudah dikenali, efisien, aman digunakan, menyenangkan dan inovatif.

Keywords
Pengalaman pengguna; lms; e-learning
References

I. Emaliana, “Teacher-centered or Student-centered Learning Approach to Promote Learning?,” vol. 10, 2017, [Online]. Available: http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

M. J. Rosenberg, E-Learning strategies for delivering knowledge in the digital age. New York: McGraw Hill, 2001. doi: 10.1036/007137809X.

A. T. Wibowo, I. Akhlis, and S. E. Nugroho, “Pengembangan LMS (Learning Management System) Berbasis Web untuk Mengukur Pemahaman Konsep dan Karakter Siswa,” Scientific Journal of Informatics, vol. 1, no. 2, 2014, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/sji

I. Maslov, S. Nikou, and P. Hansen, “Exploring user experience of learning management system,” International Journal of Information and Learning Technology, vol. 38, no. 4, pp. 344–363, 2021, doi: 10.1108/IJILT-03-2021-0046.

K. L. Norman and J. Kirakowski, “Evaluation Factors,” 2018.

W. Nakamura, L. Marques, L. Rivero, E. Oliveira, and T. Conte, “Are Generic UX Evaluation Techniques Enough? A study on the UX Evaluation of the Edmodo Learning Management System,” in Anais do XXVIII Simpósio Brasileiro de Informática na Educação (SBIE 2017), Nov. 2017, vol. 1, p. 1007. doi: 10.5753/cbie.sbie.2017.1007.

W. T. Nakamura, L. C. Marques, L. Rivero, E. H. T. de Oliveira, and T. Conte, “Are scale-based techniques enough for learners to convey their UX when using a Learning Management System?,” Revista Brasileira de Informática na Educação, vol. 27, no. 01, p. 104, Jan. 2019, doi: 10.5753/rbie.2019.27.01.104.

R. Bagaskara, B. T. Hanggara, and A. D. Herlambang, “Evaluasi dan Perbaikan User Experience Website E-Learning SMK Negeri 2 Malang menggunakan Teknik TUXEL 2.0 dan Pendekatan Human-Centered Design,” 2021. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

S. Jusoh, S. Almajali, A. Mousa Basal, and A. Abualbasal, “A study of user experience for e-learning using interactive online technologies text mining view project blockchain technologies view project a study of user experience for e-learning using interactive online technologies,” Article in Journal of Theoretical and Applied Information Technology, vol. 15, p. 15, 2019, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/335224105

H. B. Santoso, M. Schrepp, and R. Y. Kartono, “Measuring User Experience of the Student-Centered e-Learning Environment,” 2016. [Online]. Available: http://sumi.ucc.ie/

M. Fajar, F. Ramdani, and D. Praharsari, “Analisis Pengalaman Pengguna (User Experience) Aplikasi PRUforce menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus pada PT Prudential Life Assurance),” 2021. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

M. Hassenzahl Kerkow Sward Kort et al., “Quantitative Qualitative Evaluation Development Work based Leisure based Personal Social Reductive Holistic Towards a UX Manifesto COST294-MAUSE affiliated workshop,” 2007. [Online]. Available: http://www.cost.esf.orghttp://www.cost294.orgACKNOWLEDGEMENT

E. Sutadji, W. N. Hidayat, S. Patmanthara, S. Sulton, N. A. M. Jabari, and M. Irsyad, “Measuring user experience on SIPEJAR as e-learning of Universitas Negeri Malang,” in IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, Jan. 2020, vol. 732, no. 1. doi: 10.1088/1757-899X/732/1/012116.

A. Hinderks, M. Schrepp, F. J. Domínguez Mayo, M. J. Escalona, and J. Thomaschewski, “Developing a UX KPI based on the user experience questionnaire,” Comput Stand Interfaces, vol. 65, pp. 38–44, Jul. 2019, doi: 10.1016/j.csi.2019.01.007.

D. S. S. Sahid, P. I. Santosa, R. Ferdiana, and E. N. Lukito, “Evaluation and measurement of Learning Management System based on user experience,” in Proceedings - 2016 6th International Annual Engineering Seminar, InAES 2016, Jan. 2017, pp. 72–77. doi: 10.1109/INAES.2016.7821910.

J.-M. Robert, P. Montréal, and A. Lesage, “Designing and Evaluating User Experience,” 2011. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/266355037

Information
PDF
733 times PDF : 794 times